POJOK SEHAT

Agar Sehat, Berolahragalah Teratur dan Konsumsi Makanan Berserat

0
298
Ilustrasi: selalu menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. —Foto: Corbis

Pagi, dokter Ria. Saya mau tanya, sejalan dengan umur saya yang sudah 52 tahun kira-kira jenis makanan apa yang dianjurkan untuk kesehatan dan begitu juga makanan yang harus dikurangi.

Saya punya riwayat hipertensi. Terima kasih dokter. Mohon saran. Ya’ahowu.

Ya’atulõ Telaumbanua
Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan


Jawaban dr. Ria: 

PS-icon

Bapak Ya’atulö Telaumbanua di Telukdalam, terima kasih pertanyaan yang disampaikan lewat rubrik ini. Mulai usia 40 tahun kondisi tubuh manusia tidak lagi sesehat sebelumnya. Proses metabolisme tubuh berjalan lebih lambat sehingga asupan makanan juga dicerna agak lebih lambat. Sudah saatnya kita memilah-milah makanan. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Asupan kalori dari nasi dan sejenisnya hendaknya secukupnya saja. Riwayat hipertensi membuat lebih berhati-hati. Kurangi mengonsumsi daging dan makanan yang mengandung garam.

Kalau bisa tidak lagi makan malam dengan makan “berat”. Cukup sayur dan buah. Kalaupun terpaksa, makanlah pukul 18.00, jangan makan malam berdekatan sekali dengan waktu tidur.

Jangan lupa tetap menjaga keseimbangan gizi dengan tambahan protein dari susu ataupun kacang kedelai. Kalau hipertensi hindari minuman keras dan kopi. Periksalah secara teratur kesehatan paling tidak sekali setahun untuk mengetahui kondisi dalam darah.

Kalau dokter telah memberi obat-obat hipertensi untuk dimakan, sebaiknya secara kontinu dimakan seumur hidup dengan dosis yang tepat. Hubungi dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Jangan lupa olahraga dengan teratur untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dari dalam tubuh melalui keringat.

Jangan lupa, hendaknya setiap saat, kita selalu mengembangkan sikap dan pikiran yang positif sambil terus berserah kepada-Nya. Salam sehat ya.


Redaksi: Pembaca Kabar Nias yang budiman, jika Anda punya keluhan atau pertanyaan tentang masalah kesehatan dan ingin konsultasi dengan dr Ria Novida Telaumbanua, silakan mengeklik FORMULIR INI.