KELISTRIKAN

Rp 7,5 Miliar DAK Nias Selatan untuk Bangun PLTS di Empat Desa

0
1216
Ilustrasi: panel surya. Sumber: http://www.zoelradio.com/

TELUKDALAM, KABAR NIAS Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menganggarkan Rp 7,5 miliar untuk pembangunan listrik tenaga surya (PLTS) di empat desa di Nias Selatan. Anggaran tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) APBD Nias Selatan tahun 2015. Keempat desa tersebut adalah Desa Lawindra, Kecamatan Umbunasi; Desa Lölösöni Kecamatan Gomo; Desa Sialema, Kecamatan Hibala; dan Desa Baluta, Kecamatan Tanah Masa.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pertambangan dan Energi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Selatan Kalvin Zebua, saat ditemui di ruang kerjanya Jalan Saönigeho Kilometer 3,3 Telukdalam, Kamis (5/11/2015).

“Untuk tahun ini ada empat desa yang terima PLTS. Total anggarannya sebesar Rp 7,5 miliar yang bersumber dari DAK,” ujar Kalvin.

Menurut Kalvin, pengerjaan PLTS di empat desa ini dimulai sejak September dan akan selesai pada akhir Desember 2015. Dia meminta agar masyarakat mendukung penuh pembangunan ini serta memelihara dan menjaga PLTS sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Dari data yang dikumpulkan, pembangunan 15 kilowatt PLTS di Desa Lawindra Kecamatan Umbunasi dengan anggaran Rp 2,5 miliar mampu mengaliri hingga 80 rumah warga. Di Desa Lölösöni daya 5 kilowatt dengan anggaran Rp 1,2 miliar dan diperkirakan dapat menyuplai daya listrik di 40 rumah warga.

Desa Sialema memiliki anggaran sebesar Rp 1,3 miliar dengan kapasitas daya 5 kilowatt dan mengaliri 40 rumah warga. Sementara di Desa Baluta, Kecamatan Tanah Masa, dianggarkan Rp 2,5 miliar untuk pembangunan 20 kilowatt PLTS dan mampu menyuplai hingga 150 rumah warga.

Kalvin mengatakan, setelah pembangunan PLTS di empat desa tersebut akan diserahkan kepada masyarakat setempat untuk dikelola dan dioperasikan. Sebanyak 3 bola lampu listrik akan diberikan dan dipasang di setiap rumah warga.

Kalvin
Kalvin Zebua

“Ada sekitar 300 rumah warga yang dialiri arus PLTS di empat desa ini. Pembangunan PLTS ini tidak memungut biaya apa pun dari masyarakat. Setelah pembangunan selesai, PLTS akan diserahkan kepada masyarakat untuk mengelola pengoperasiannya. Setiap rumah kita berikan 3 bola lampu listrik,” ujarnya.

PLTS adalah sumber listrik yang memanfaatkan sinar matahari. Energi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar. Penelusuran Kabar Nias pemasangan PLTS ini dibutuhkan sejumlah peralatan, antara lain panel surya, kabel panel surya, pengontrol, baterai, konektor, dan lampu.

Tabel di bawah ini contoh minimal paling hemat untuk energi 60 watt per hari.

PeralatanDaya (W)JumlahTotal Daya (W)Waktu Pakai (Jam)Energi (Wh)
LED 1 W1551260
Total Energi per Hari60

Sumber: http://goo.gl/wRdLM

Sebagai gambaran, di bawah ini tabel spesifikasi yang diperlukan.

PeralatanJumlahHargaBerat
Solar Panel 20 Wp1 unitRp 895.0003 kg
Controller 10 A – 12 V1 unitRp 550.0001 kg
Aki 10 ah – 12 V1 unitRp 800.000

Sumber: http://goo.gl/wRdLM

Untuk diketahui, semakin banyak panel surya, semakin banyak energi listrik yang dihasilkan. [knc04w]