BANTUAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

50 Warga Senior di Nias Barat Terima Bantuan Kementerian Sosial

0
202
Sekretaris Dinas Sosial dan Ketenaga Kerja Kabupaten Nias Barat Nehemia Daeli (kanan) didampingi pengawai Dinsos Untung Zebua. —Foto: Kabarnias.com/Aminudin Hia

LAHÖMI, KABAR NIAS — Sebanyak 50 warga senior yang umumnya dikenal dengan lanjut usia di Kabupaten Nias Barat akan menerima bantuan program Asistensi Sosial Lanjut Usia Telantar (Aslut) dari Kementerian Sosial melalui Dinas Kesejahteraan dan Sosial Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2016. Ke-50 warga senior tersebut masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 200.000 per bulan dengan pencairan dana 3 tahapan dalam setahun.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Barat Nehemia Daeli kepada Kabar Nias, beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya di Onolimbu, Lahömi.

“Dari sekian banyak data orang lanjut usia yang telah diajukan untuk menerima bantuan kesejahteraan sosial beberapa bulan lalu, pada Program Aslut Kementerian Sosial di lingkungan Dinas Kesejahteraan dan Sosial Provinsi Sumatera Utara berdasarkan data rujukannya yang kita terima bahwa pada 2016 ini sebanyak 50 orang warga senior (senior citizen) di Nias Barat terpilih sebagai peserta penerima bantuan Program Aslut tersebut dan masing-masing mereka akan menerima bantuan dana sebesar Rp 200.000 per bulan terhitung mulai Januari sampai Desember 2016. Untuk tahap pertama ini terhitung Januari-April kalau dananya akan ditransfer dalam waktu dekat ini akan dicairkan kepada peserta penerima manfaat,” ujarnya.

Dijelaskan Nehemia, untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan Program Aslut, Pemerintah telah menunjuk koordinator, petugas administrasi, serta petugas pendamping di Kabupaten Nias Barat. “Para petugas ini yang akan melakukan koordinasi, monitoring, supervisi dan evaluasi, serta melakukan pendampingan dan membuat laporan pelaksanaan serta penyaluran dana bantuan kesejahteraan sosial dimaksud,” ungkapnya.

Adapun nama koordinator dan pendamping program ASLUT tahun 2016 di Kabupaten Nias Barat yang diperoleh Kabar Nias, juga disebutkan Nehemia, yaitu Henrik Henoki Gulö sebagai koordinator, Herlin Herawatianis Gulö, Angandröwa Waruwu, Bedali Daeli, Agustinus Gulö, dan Likanesi Hia, masing-masing sebagai PSM.

Nehemia mengaku, program pemerintah ini sangat menyentuh sendi kehidupan orangtua lanjut usia atau warga senior jika pada tahun berikutnya terus berlanjut dan semisalnya ada penambahan jumlah peserta. Ia berjanji siap menyediakan kembali data supaya warga senior, yang memerlukan bantuan dan memenuhi syarat di Kabupaten Nias Barat dapat terbantu. [knco7w]