PILKADA 2015

Laso di Gunungsitoli dan Ikhlas di Nias Utara Kalahkan Petahana

0
2113
Pasangan Lakhömizaro Zebua-Sowa'a Laoli berfoto di depan baliho mereka. —Foto: Onlyhu Ndraha

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Masyarakat Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias Utara dari hasil hitung riil sementara dipastikan akan segera mendapatkan kepala daerah yang baru. Petahana di kedua daerah ini, yakni pasangan Makmur dan Enoni, kandas dengan perolehan suara lebih kecil.

Di Kota Gunungsitoli, pasangan calon nomor urut 1 Martinus Lase-Kemurnian Zebua (Makmur) mendulang hasil sebanyak 19.021 suara; pasangan calon nomor urut 2 Lakhömizaro Zebua-Sowa’a Laoli (Laso) 24.953; serta pasangan calon yang cukup fenomenal dan kontroversial, yakni nomor urut 3 Yuliaman Zendratö-Ilham Mendröfa, mendapatkan 9.400 suara.

Adapun hasil sementara dari Pilkada Kabupaten Nias Utara pasangan petahana nomor urut 2 Edward Zega-Yostinus Hulu (Enoni) memperoleh 26.302 suara. Perolehan ini kalah cukup jauh dari lawan kuatnya, yakni pasangan nomor urut 2 Ingati Nazara-Haogösökhi Hulu (Ikhlas), yang mendapatkan 34.795 suara. Adapun pasangan nomor urut 3, Martinus Zega-Winarso Hulu, untuk sementara, hanya mendapatkan 120 suara.

Pasangan calon Ikhlas (tengah). —Foto: KPU Nias Utara
Pasangan calon Ikhlas (tengah). —Foto: KPU Nias Utara

Hasil resmi pilkada di Nias Utara dan Kota Gunungsitoli dan daerah lainnya akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). [knc01r]