Saturday, April 13, 2024
BerandaKanalNasionalKementerian PUPR Libatkan Generasi Muda dalam Peningkatan Kesadaran Pentingnya Air

Kementerian PUPR Libatkan Generasi Muda dalam Peningkatan Kesadaran Pentingnya Air

Kabar Nias Jakarta – Dalam rangka peringatan Hari Air Dunia ke XVI tahun 2023 dengan Tema UN Water Tahun 2023 “Accelerating Change to Solve Water and Sanitation Crisis”, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya air bagi kehidupan.

Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko mengatakan, dalam pelaksanaan berbagai rangkaian kegiatan tersebut, Kementerian PUPR melibatkan generasi muda dalam beberapa rangkaian kegiatan. Salah satunya melalui Lomba Karya Ilmiah (LKI) untuk Siswa/i SMA/SMK/MA Tingkat Nasional.

“Melalui lomba ini diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk berprestasi dan produktif menuangkan ide dan gagasan kreatifnya dalam upaya pelestarian sumber daya air berkelanjutan yang aplikatif,” kata Jarot pada Final LKI Bidang Sumber Daya Air Untuk Siswa/i SMA/SMK/MA Tingkat Nasional Tahun 2023 di Kampus Kementerian PUPR, Rabu (15/03).

Foto Adapun 5 finalis tahap akhir tersebut berasal dari SMAN Bali Mandara, SMA Kristen Immanuel, SMAN 2 Lamongan, SMA Laboratorium UM Malang, dan SMAN 2 Klaten. Rabu ( 15/3/23 ) ( Foto : Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR )

Tema UN Water menjadi subtema Lomba Karya Ilmiah Bidang Sumber Daya Air Tahun 2023 yang meliputi upaya mengatasi krisis air baku, inovasi teknologi dalam mengatasi krisis air, partisipasi masyarakat dalam penyediaan air baku dan air bersih serta pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya mengatasi krisis air.

Pada Final LKI Bidang Sumber Daya Air Untuk Siswa/i SMA/SMK/MA Tingkat Nasional yang merupakan tahap akhir, terpilih 5 finalis LKI Bidang SDA terbaik Tingkat Nasional setelah menyisihkan 585 peserta dari seluruh Indonesia.

Adapun 5 finalis tahap akhir tersebut berasal dari SMAN Bali Mandara, SMA Kristen Immanuel, SMAN 2 Lamongan, SMA Laboratorium UM Malang, dan SMAN 2 Klaten.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga bertindak sebagai juri dalam Final LKI tersebut mengapresiasi semangat para generasi muda serta dukungan dari pihak pengajar dan sekolah dalam mengikutsertakan anak didiknya dalam Lomba KTI Tingkat Nasional.

Baca juga:  Lakukan Proyek Tanpa Tender, Effendi Divonis 16 Bulan Penjara

“Anak-anak ini membanggakan karena sudah melakukan penelitian yang real di lapangan, serta peduli pada lingkungannya. Mohon Bapak/Ibu pendampingnya agar terus membina sebaik-baiknya. Terima kasih anak-anak, teruslah belajar dan penelitian, jangan terbawa arus karena tantangan ke depan jauh lebih berat, hindari narkoba, syukuri yang ada saat ini dan semoga berhasil,” pesan Menteri Basuki.

Terakhir, Menteri Basuki juga mengatakan bahwa ada peluang tindak lanjut penelitian bagi para pemenang Juara I dan II. “Mungkin dari Direktorat Jenderal Cipta Karya, Juara I dan II dapat ditindaklanjuti hasil penelitiannya dengan dinaikkan skalanya menjadi lebih besar sehingga bisa menjadi program air minum di pulau-pulau kecil,” tandas Menteri Basuki. (*)

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments