KETENAGAKERJAAN

Dinas Sosial Nias Barat Kirim 55 Tenaga Kerja ke Batam

0
967
Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nias Barat Sinufa Hia. —Foto: Kabarnias.com/Aminudin Hia

LAHÖMI, KABAR NIAS – Guna mengurangi jumlah pengganggur tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Nias Barat, melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, memberangkatkan 55 tenaga kerja perempuan ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pengiriman tenaga kerja ini difasilitasi oleh sebuah perusahaan penyalur tenaga kerja, PT Danka Hureco, ke PT Philips dengan masa kontrak kerja selama satu tahun dan mendapatkan gaji sebesar upah minimum provinsi (UMP) Kepulauan Riau.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nias Barat Sinufa Hia kepada Kabar Nias, Jumat (29/1/2016), di ruang kerjanya di Simae’asi, Jalan Onolimbu-Lahömi.

Dikatakan Sinufa, pengiriman tenaga kerja ini sebagai wujud penjajakan kerja sama pihak Dinsos Kabupaten Nias Barat dengan PT Danka Hureco yang pada 25 Desember 2015 mengirimkan surat kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinsos untuk menyiapkan calon tenaga kerja perempuan yang akan dipekerjakan di Batam.

“Untuk tahap pertama tahun 2016, calon pekerja yang kami kirim 55 orang. Mereka bertolak pada 1 Februari 2016 menuju Batam untuk bekerja di PT Philips,” ujarnya.

Perekrutan calon tenaga kerja ini sebelumnya melalui tahapan seleksi administrasi, tes kesehatan, dan wawancara yang dilakukan oleh PT Danka Hureco. Sesuai rencana, ke-55 orang calon tenaga kerja ini akan dikontrak selama satu tahun dan jika yang bersangkutan berkinerja baik melalui penilaian PT Philips akan diperpanjang setahun berikutnya.

“Setiap orang akan mendapatkan gaji sesuai UMP kepulauan Riau sebesar Rp 2.994.110 per bulan tanpa ada pemotongan dari pihak mana pun. Malah, penginapan mereka ditanggung oleh perusahaan. Mereka tinggal di mes,” ujarnya.

Ditambahkan Sinufa, selain itu, jika calon tenaga kerja ini mengalami musibah atau kecelakaan akibat pekerjaan dan bukan karena kehendak sendiri akan ditanggung oleh BPJS.

“Kalau ada masyarakat yang berkeinginan bekerja di sana kemungkinan besar perekrutan calon tenaga kerja tahap kedua dilakukan pada Juni atau Juli 2016. Kita tunggu aba-aba dari PT Danka Hureco, kalau ada langsung kami informasikan,” ujarnya.

Menjaga Diri

Kepada calon tenaga kerja ini, lanjut Sinufa, diharapkan menunjukkan kinerja yang baik, tidak malas-malasan, dan terlebih-lebih dapat menghindari perbuatan yang merugikan diri sendiri serta menjaga nama baik suku Nias pada khususnya selama berada di Batam. Sinufa menyampaikan apresiasi kepada PT Danka Hureco yang telah memfasilitasi pengiriman calon tenaga kerja ini ke Batam. “Semoga kerja sama yang baru terjalin berkesinambungan,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Sosial juga menyampaikan terima kasih atas sinergisitas yang ditujukan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Barat Sabahati Gulö, atas kerja sama dan bantuan dalam mempercepat pengurusan administrasi yang dibutuhkan para calon tenaga kerja yang dikirim ini.

“Hal itu mengingat hampir ada beberapa orang yang terbengkalai karena masalah ketidaklengkapan persyaratan administrasi sehingga itu dapat teratasi dan berjalan dengan baik,” ujarnya [knc07w]