SEKTOR KELAUTAN

Tingkatkan Hasil Tangkapan Nelayan, Pemkot Gunungsitoli Bagikan Alat Tangkap Ikan

0
848
Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli Meninjau Langsung Kapal 7 GT yang Dibagikan Kepada Kelompok Nelayan

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pertanian Dan Kelautan Kota Gunungsitoli menyerahkan 57 perahu berukuran 0,5 gross ton dan 5 unit kapal berkapasitas 7 gross ton kepada 32 kelompok nelayan tradisional.

Penyerahan bantuan kapal motor oleh Pemkot Gunungsitoli tersebut dilaksanakan di Pesisir Pantai Eks TPI Kota Gunungsitoli, Selasa (10/5/2016). Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Kelautan dan Perikanan Eliyunus Waruwu menyerahkan secara simbolis kapal-kapal tersebut kepada nelayan.

Eliyunus Waruwu dalam laporannya memaparkan bahwa dalam rangka meningkatkan produksi perikanan tangkap nelayan, Pemkot Gunungsitoli melakukan pengadaan armada penangkapan ikan, yaitu kapal motor 7 gross ton (GT) dan kapal motor 0,5 GT beserta kelengkapannya kepada 32 kelompok nelayan yang tersebar di 4 Kecamatan se-Kota Gunungsitoli.

Kapal 0,5 GT yang Dibagikan kepada Nelayan
Perahu 0,5 GT yang dibagikan kepada nelayan. Foto: Kabarnias.com/Iman Jaya Lase

“Pengadaan kedua jenis kapal motor beserta kelengkapannya ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Tahun Anggaran 2015 dan Dana Alokasi Umum APBD Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2015,” kata Eliyunus.

Dalam Arahannya, Sowa’a menyampaikan bahwa subsektor perikanan tangkap merupakan penyumbang produksi ikan terbesar di Kota Gunungsitoli. Pada 2015, produksi perikanan laut Kota Gunungsitoli mencapai 3.061 ton dengan jumlah nelayan sebanyak 1.735 orang. (Baca: Wali Kota Gunungsitoli Imbau Warga Konsumsi Ikan Lebih Banyak)

“Pemerintah Kota Gunungsitoli terus berupaya meningkatkan penghasilan para nelayan tradisional di Kota Gunungsitoli. Salah satunya dengan membagikan kapal motor beserta alat tangkap kepada nelayan nelayan yang selama ini melaut menggunakan kapal tradisional,” kata Sowa’a.

Ditambahkan Sowa’a, salah satu kesulitan para nelayan tradisional di Gunungsitoli selama ini adalah minimnya peralatan tangkap berupa kapal dan perahu serta didukung oleh teknologi yang digunakan di atas kapal, seperti GPS yang tidak mereka miliki.

“Untuk menjawab persoalan tersebut, Pemkot berinisiatif untuk mengupayakan pengadaan kapal motor ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang bermata pencarian nelayan saat ini. Meskipun jauh dari yang diharapkan, Pemkot terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas, baik dari segi SDM nelayan maupun dari segi armada penangkapan ikan yang digunakan,” ujar mantan Ketua DPRD Gunungsitoli ini.

Sementara itu, beberapa nelayan yang ditemui oleh Kabar Nias di lokasi penyerahan kapal mengaku senang karena dengan adanya kapal-kapal motor itu, para nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka.

“Kami sangat senang, semoga dengan diberikannya kapal 0,5 GT ini dapat meningkatkan hasil laut kami,” kata salah seorang nelayan penerima kapal bantuan 0,5GT. [knc03w]