TATA KOTA

Drainase di Kota Telukdalam Perlu Segera Dibenahi

1
18
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Diponegoro, kota Telukdalam, Nias Selatan, yang tergenang akibat hujan lebat yang turun, Kamis (6/7/2017). —Foto: Lina Hia via Facebook

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Hujan deras yang melanda Kota Telukdalam, Nias Selatan, Kamis (6/7/2017), mengakibatkan sejumlah ruas jalan, antara lain Jalan Diponegoro, tergenang dan membuat arus lalu lintas terhambat. Drainase di kota Telukdalam mendesak dan perlu segera diperbaiki agar bisa menampung dan mengalirkan air saat musim hujan.

Pengamatan Kabar Nias, Jalan Diponegoro tergenang setinggi sekitar 10 sentimeter. Di beberapa tempat, saluran air terlihat tersumbat sampah. Sejumlah pengguna jalan terpaksa memperlambat kendaraannya dan hal itu sedikit membuat kemacetan.

Seorang warga Telukdalam, yang minta tidak disebutkan namanya, kepada Kabar Nias, mengatakan agar Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, melalui dinas terkait, melakukan pembenahan segera pada drainase di kota Telukdalam.

“Kota Telukdalam itu ibarat etalase yang dilihat pertama dan disinggahi oleh wisatawan sebelum menuju sejumlah destinasi pariwisata di sekitar Telukdalam. Menurut saya, pemerintah daerah Nias Selatan segera melakukan pembenahan. Jika memungkinkan dibuat jalur pedestrian sehingga indah dilihatnya,” ujarnya.

Hal ini terutama, kata warga tersebut, dalam waktu dekat akan segera ada ajang Kontes Surfing Nias Selatan Terbuka yang diadakan di Pantai Sorake dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-14 Kabupaten Nias Selatan. “Sudah pasti banyak wisatawan dari luar, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara, yang akan datang. Mereka ingin menyaksikan keindahan kota dan tempat wisata di Nias Selatan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar warga Nias Selatan peduli serta bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan kota. [knc02r]

  • Apolonius Lase

    Kita berharap setiap warga Telukdalam juga menjadi pelopor bagi tetangga rumah sebelahnya untuk menjaga selokannya tidak kemasukan sampah. Jangan membuang sampah sembarangan. Ajarlah anak-anak dan adik-adik Anda untuk mengantongi sampah hingga menemukan tempat pembuangan sampah.