KONSULTASI REMAJA PKPA

Apakah Penyakit HIV/AIDS Bisa Disembuhkan?

0
1665

Dari Alvonius Gari
Domisili: Medan

Apakah penyakit HIV/AIDS bisa disembuhkan?


Jawaban:

Terima kasih Dik Alvonius Gari atas pertanyaan yang disampaikan lewat rubrik ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu kiranya kita mengetahui mengenai HIV/AIDS terlebih dahulu.

HIV (Human Immunodeficiancy Virus) adalah sebuah virus yang menyerang sel kekebalan tubuh, ketika virus ini masuk ke tubuh kita, mungkin kita belum bisa menyadarinya. Beberapa gejala yang mengindikasikan penyakit ini akan muncul bertahun tahun kemudian.

Masuknya virus ini ketubuh kita bisa melalui beberapa hal, antara lain; hubungan seks yang tidak aman atau berganti ganti pasangan, transfusi darah dari seseorang yang membawa virus ini, penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau digunakan bergantian, dan penularan dari ibu ke anak yang dilahirkan.

Ketika menyerang tubuh, secara perlahan-lahan virus ini akan memakan sel T, sel kekebalan tubuh dan kemudian menggunakan mereka untuk memperbanyak diri. Seiring berjalannya waktu, saat virus ini semakin banyak dan sel T kita semakin sedikit, maka tubuh kita akan makin mudah sakit, dan banyaknya gejala sakit ini disebut infeksi oportunistik. Dan kita akan memasuki fase AIDS (acquired immune deficiency syndrom).

Dalam tahap AIDS, banyak infeksi oportunistik yang dapat dengan mudah menyerang kita, antara lain; demam dan diare berkepanjangan, infeksi jamur, getah bening yang membengkak, dan beberapa kasus dapat terjadi kanker, tumor dan infeksi otak.

Pencegahan

Sayang sekali sampai saat ini, belum ada pengobatan untuk menyembuhkan penderitanya dan ketika seseorang terinfeksi virus ini, sangat dianjurkan untuk menjalani pengobatan retroviral untuk menekan pertumbuhan virus sehingga penderita dapat hidup normal seperti biasa dan tidak sampai pada fase AIDS.

Penularan HIV

Namun, kita dapat mencegah terinfeksi virus ini dengan; tetap setia kepada pasangan, ketika akan menggunakan jarum suntik, selalu gunakan yang baru dan pastikan petugas layanan kesehatan menggunakan jarum suntik yang baru, kamu berhak untuk menanyakan dan memastikan loh.., dan sebisa mungkin hindari kontak langsung kulit kita dengan darah.

Baca juga:  Keberadaan BNN di Gunungsitoli Harus Didukung

Beberapa mitos mengenai HIV/AIDS dapat tertular dari menggunakan handuk dan alat makan bersama itu tidak benar, virus ini juga tidak akan tertular melalui dudukan toilet, gigitan nyamuk, dan bersentuhan dengan penderitanya (bergandengan tangan, memeluk dan hidup bersama sama). (Keumala Dewi)