SURAT TERBUKA

Pak Jokowi, Pulau Nias Juga Butuh Pembangkit Listrik

0
2165

Tulisan ini kami tujukan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang begitu dicintai oleh rakyat karena berbagai terobosan program pembangunan yang banyak menyentuh langsung kebutuhan masyarakat Indonesia.

Kami membaca berita di berbagai media nasional, Senin (28/12/2015), Bapak Presiden meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar di Kupang dengan kapasitas 5 megawatt.

Terus terang, kami warga Nias dan mungkin seluruh anak bangsa di seantero Nusantara sangat senang mendengar kabar baik ini. Saudara kami yang ada di Kupang lebih-lebih lagi, pasti sangat senang dengan peresmian PLTS ini. Solusi Kekurangan pasokan listrik di daerah tersebut adalah kado Natal yang sangat berharga. Terima kasih Pak Presiden.

https://goo.gl/z5MlT1

Bapak Presiden yang kami cintai.

Kami permaklumkan bahwa di Pulau kami, Pulau Nias, kebutuhan akan listrik sangat mendesak saat ini. Sudah sejak lama, bahkan hingga tulisan ini kami buat, pemadaman listrik di Pulau Nias sudah sangat meresahkan. Dengan sejumlah alasan, terutama karena kekurangan daya, PLN Cabang Nias terus melakukan pemadaman listrik, meskipun dalam suasana perayaan hari besar keagamaan, seperti saat ini. Tak jarang, saat ibadah Natal di gereja, harus terganggu kekusyukkannya karena listrik tiba-tiba padam. Demikian juga pada saat perayaan hari besar keagamaan lainnya, seperti peringatan Maulid Nabi SAW beberapa hari yang lalu.

Warga Nias sudah menyampaikan keluhan dan protes kepada pihak PLN di Pulau Nias, akan tetapi hingga kini selalu saja belum juga mendapatkan titik terang untuk penanggulangan terkait kelistrikan ini.

https://goo.gl/Gg2LBv

Di Pulau Nias ada dua cabang PLN, yaitu PLN Cabang Gunungsitoli yang ada di Idanoi dan PLN Ranting Telukdalam. PLN Cabang Gunungsitoli dengan kapasitas 20 megawatt memasok listrik untuk Kabupaten Nias Utara, Kota Gunungsitoli, dan Kabupaten Nias. Adapun PLN Cabang Telukdalam dengan kapasitas 5 megawatt memasok listrik untuk Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Barat. Kedua pembangkit listrik adalah menggunakan tenaga diesel.

Bapak Presiden yang kami hormati.

Kami senang dengan pernyataan Bapak saat meresmikan PLTS di Kupang seperti dikutip oleh harian Kompas:

“Ini merupakan PLTS terbesar se-Indonesia 5 megawatt. Ini nantinya akan kita kembangkan di pulau yang sulit terjangkau oleh pembangkit listrik, misalnya (menggunakan) batubara, nanti kita akan alihkan ke PLTS,” ujar Presiden kepada wartawan. 

Melihat kondisi kami di pulau terdepan yang berbataskan langsung dengan Samudra Hindia, kami meminta perhatian Bapak untuk mengembangkan pembangkit listrik yang sama seperti di Kupang ini.

Kami warga Nias, begitu menaruh harapan kepada Bapak Jokowi, untuk berkenan mendengarkan suara kami sekaligus Bapak bisa datang ke Pulau Nias untuk melihat keindahan panorama alam yang segera menjadi tempat tujuan utama pariwisata di Indonesia.

Demikian harapan kami, atas perhatian Bapak Jokowi kami warga Nias menyampaikan terima kasih. Jayalah Indonesia!

Hormat kami
Apolonius Lase, seorang warga dari Pulau Nias, kini tinggal di Jakarta.