Polres Nias Selatan Deklarasikan Pilkada Damai

PENGAMANAN PILKADA

0
1623

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dalam rangka pemilihan kepala/wakil kepala daerah secara serentak, Polres Nias Selatan mendeklarasikan pilkada damai. Dalam deklarasi tersebut ditandai dengan penandatanganan surat kesepakatan oleh tiga pasangan calon.

Deklarasi pilkada damai yang dilaksanakan di Lapangan Orurusa Telukdalam, Rabu (26/8/2015), dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Nias Selatan, Plt. Sekda Nias Selatan Fo’arota Laoli, Komandan Lantamal Kepulauan Nias, Danramil Telukdalam, Pimpinan partai pendukung calon, kepala SKPD, dan staf lingkup pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Dalam sambutannya, Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa menyampaikan, “Tujuan deklarasi pilkada damai ini untuk menjaga situasi kamtibmas selama berlangsungnya proses pilkada Nias Selatan agar pelaksanaan kampanye dapat menjaga kenyamanan di tengah-tengah masyarakat.”

Penandatanganan surat kesepakatan pelaksaan pilkada damai oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Foto: Pustaka Media Kabar Nias oleh Suhertiyanus Dakhi
Hilarius Duha sedang menandatangani surat kesepakatan pelaksaan pilkada damai oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatn.—Foto: Pustaka Media Kabar Nias oleh Suhertiyanus Dakhi

Selanjutnya, Robert mengatakan agar pelaksanaan pilkada tahun ini dapat menjadi perhatian seluruh masyarakat untuk menjaga kondutivitas selama kampanye dimulai. Ia juga berharap agar setiap calon dapat melaporkan kegiatannya kepada pihak keamanan selama kampanye dimulai.

“Saya berharap agar setiap calon peserta pilkada dapat melaporkan kegiatannya kepada pihak keamanan selama kampanye dimulai sehingga dapat terciptannya situasi kamtibmas yang kondusif,” kata Robert.

Sebelumnya, Polres Nias Selatan menggelar apel di tempat yang sama untuk mengecek kesiapan personel kepolisian dalam mengawal pelaksanaan setiap tahapan pilkada. Sebanyak 1.000 pengaman gabungan dari Polri dan TNI akan diterjunkan ke Nias Selatan. [knc05w]