Gubernur Sumatera Utara Lantik Bupati Nias

PELANTiKAN KEPALA DAERAH

0
1094
Pengambulan sumpah atau janji Bupati dna Wakil Bupati Nias Sokhiatulo Laoli-Aroskhi Waruwu di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jumat (10/6/2016). Foto Kabarnias.com/Onlyhu Ndraha.

MEDAN, KABAR NIAS — Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi melantik pasangan Sökhi’atulö Laoli-Arosökhi Waruwu (Saro) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2016-2021, Jumat (10/6/2016), di Aula Martabe Lt. II Kantor Gubernur Sumatera Utara Jl Pangeran Diponegoro No. 30, Medan.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo Nomor: 131.12-4964/2016 dan Nomor: 132.12-4965/2016.

Tengku Erry mengingatkan, pengambilan sumpah atau janji merupakan perjanjian dengan Tuhan dengan disaksikan rohaniwan dan masyarakat. Berbagai tantangan ke depan harus segera dihadapi dengan baik oleh pasangan bupati-wakil bupati yang baru dilantik ini.

“Untuk itu, segala amanah dan aturan wajib dilaksanakan. Pasangan Saro yang terpilih untuk periode kedua ini merupakan bukti keserasian melayani kepentingan publik di Pulau Nias,” ujar Tengku.

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kata Tengku, Kabupaten Nias jangan hanya sebagai penonton serta daerah hanya menjadi pasar dari negara luar. Ia juga mengharapkan semua pemerintahan daerah di Pulau Nias bahu membahu menciptakan pemerintahan yang bersih dan berdaya saing.

“Perlu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di berbagai lini serta menjalin kerja sama dengan pemimpin-pemimpin daerah lainnya demi terwujudnya Pulau Nias yang mandiri,” kata Tengku.

Ia menekankan bahwa pelaksanaan visi dan misi serta janji politik kepada masyarakat adalah sebuah keharusan dilaksanakan pasangan Saro melalui rencana program jangka menengah daerah (RPJMD), paling lama tiga bulan setelah pelantikan. “Pekerjaan yang yang belum selesai pada periode sebelunya mesti diselesaikan secepatnya,” demikian harapan Tengku.

Pria yang baru dilantikan sebagai Gubernur Sumatera Utara definitif oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, 25 Mei 2016, di Jakarta, menggantikan Gatot Pujho Nugroho karena tersangkut korupsi, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh penyelenggara Pilkada di Kabupaten Nias dan juga kepada penegak hukum yang turut menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak dengan aman dan damai.

Ajak Bergandengan Tangan

Seusai pelantikan, Sökhi’atulö mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nias yang sudah memberi mereka kepercayaan untuk kembali memimpin Kabupaten Nias hingga tahun 2021. Dalam melaksanakan tugas, dia mengharapkan semua elemen bergandengan tangan demi Nias yang maju.

Pantuan Kabar Nias, pelantikan itu dihadiri sejumlah SKPD dan tokoh masyarakat dari Kabupaten Nias. Turut hadir juga Dandim 0213/Nias, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kepala Kepolisian Resor Nias, Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Ketua DPRD Nias Selatan, Ketua DPRD Nias Barat, dan Ketua DPRD dan anggota DPRD Nias. [knc02w]

Berita Terkait

“Fa’atulö” dan “Saro” Janjikan... GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Sebagai amanah dari peraturan perundang-undangan, KPU Kabupaten Nias menggelar debat publik tahap kedua bagi peserta Pilkad...
Papua Dukung Perjuangan Provinsi Kepulauan Nias JAKARTA, KABAR NIAS — Masyarakat Papua menyampaikan dukungannya atas perjuangan masyarakat Nias yang merindukan dibukakan moratorium oleh pemerintah p...
Antara “Ngebet” dan Tak Sabar Berbuat untuk Nias Kita menyesalkan bisa terjadi miskomunikasi soal waktu pelantikan kepala-wakil kepala daerah dari Pulau Nias, terutama bagi tiga daerah, yakni Kabupat...
Pasangan “Aine” Mendaftar di KPU Nias Barat LAHÖMI, KABAR NIAS – Pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati Nias Barat periode 2016-2021 yang diberi julukan pasangan "Aine”, yaitu Adrian...
Pelantikan Bupati Nias 10 Juni 2016 GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Pelantikan Bupati Nias terpilih periode 2016-2021 pada pemilihan 9 Desember 2015, Sökhi'atulö Laoli-Arosökhi Waruwu (Saro) ...