TRANSPORTASI UDARA

Garuda Diminta agar Tetapkan Tarif Terjangkau untuk Rute Jakarta-Nias

0
159
Bandara Binaka —Foto: Politika.com

KABAR NIAS, JAKARTA — Kabar penerbangan langsung dari Jakarta ke Nias yang sedang dipersiapkan maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) disambut  antusias oleh warga, terutama masyarakat Nias. Garuda diminta agar menetapkan tarif yang murah serta terjangkau.

“Mudah-mudahan benar dan secepatnya, ya. Sebab, tiket pesawat gue kalo pulang kampung (ke Nias) bisa seharga tiket ke Australia. Kalo langsung kan jadi lebih murah,” ujar Ester Cia (36), ibu rumah tangga, warga Nias yang berdomisili di Gading Serpong, Banten, Senin (27/82018).

Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulö juga menimpali, “Semoga tarif sedang-sedang saja, agar masyarakat bisa menikmatinya.”

Seperti diberitakan portal Kabar Nias, dalam waktu dekat, Garuda akan membuka penerbangan langsung dari Jakarta menuju Nias dengan frekuensi 3 kali seminggu yang ditempuh selama 2 jam 20 menit. Soal tarif pihak Garuda memang masih belum menentukan besarannya.

Sementara Aro Ndraha mengatakan, “Semoga harga tiket Garuda dari Nias ke Jakarta tidak membeludak. Jangan seperti akhir-akhir bulan ini dari Nias ke Medan (harga tiket) meloncat ke ‘langit’.”

Sementara itu, tak sedikit yang menyampaikan apresiasi kepada maskapai penerbangan pelat merah itu. Nugraha Daeli menyampaikan terima kasih atas inisiatif Garuda yang membuka penerbangan langsung. “Terima kasih kepada semua pihak atas kepeduliannya buat Kepulauan Nias. GBU all,” ujar Nugraha.

Warga lain memuji langkah Garuda tersebut. “Semoga Tuhan memberkati rencana GIA. Nias jangan kalah dengan pulau kecil lainnya, seperti Bangka Belitung yang sudah memiliki transportasi langsung ke Jakarta setiap hari. Pulau Nias mengapa tidak? Yes untuk GIA,” kata John Martin Sarumaha menanggapai berita Kabarnias.com.

Komalasarih Dian menambahkan, “Saya berharap rencana GIA dapat terwujud sebab akan banyak manfaat buat Pulau Nias.”

Adapun menurut Oktavianus Gea, “Harusnya jangan katanya lagi, tetapi langsung dieksekusi penerbangan langsung Jakarta-Nias dan Binaka International Airport.”

Seperti diketahui, Kepulauan Nias sebagai daerah tujuan wisata telah membuat jumlah wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara, meningkat pesat. Pemerintah pusat melalui Menteri Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan ke Nias hingga 1 juta orang pada 2024.

Branch Manager Garuda Indonesia Nias Bernardus M Mapram IM yang akrab disapa Benny, kepada Kabar Nias, Sabtu (25/8/2018) malam, mengatakan bahwa Garuda segera akan membuka penerbangan dari Jakarta ke Nias. “Mudah-mudahan segera terealisasi sebelum perhelatan Festival Nias Ya’ahowu (16 November),” ujarnya.

Menurut rencana, rute Jakarta-Nias akan dilayani pesawat jenis CRJ Bombardier/Explore Jet dengan kapasitas 95 tempat duduk.

 

Berita Terkait

Produsen “Tuo Nifarö” Bentuk Asosiasi, Pemda Did... GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Guna percepatan adanya Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli yang mengatur tentang hak paten tuo nifarö (arak putih Nias), mas...
Ini Jawaban Hilarius Duha atas Pertanyaan Warganya JAKARTA, KABAR NIAS — Ada tiga pertanyaan yang disampaikan warga kepada Bupati Nias Selatan Hilarius Duha lewat rubrik "Lapor Pak! Lapor Bu!" di Kabar...
Nias Pro 2018, Asian Games, dan Presiden Jokowi Dalam waktu hampir bersamaan, dua perhelatan olahraga skala internasional diadakan di Indonesia, yaitu Asian Games yang diadakan di Jakarta dan Palemb...
Nias Harapkan Segera Menjadi Destinasi Utama Pariwisata MEDAN, KABAR NIAS — Tari perang dan atraksi lompat batu mewakili Pulau Nias menyemarakkan Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 Sumatera Utara, Sabtu (26/9/2015...
Nias Barat Akan Segera Punya Perda Pariwisata LAHÖMI, KABAR NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias Barat kini sedang menunggu pihak DPRD untuk mengesahkan usulan 14 rancangan peraturan daerah (raperda) ...