Kamus Bahasa Nias di Wikimedia Terus Dilengkapi

0
99

Tahukah Anda bahwa kini Li Niha atau bahasa Nias sedang diupayakan untuk menjadi salah satu bahasa yang diterima di platform Wikimedia. Setiap orang Nias yang memiliki keinginan untuk menambahkan kata-kata baru ke dalam kamus kini sudah bisa dengan mudah melakukannya, bahkan langsung dari gawai pintar yang kita punya. Anda hanya perlu membuat akun di Wikimedia.

Sebagai informasi, di Wikimedia ini, ada khusus untuk ensiklopedia yang kita kenal sebagai Wikipedia dan juga ada khusus kamus yang kita kenal dengan Wiktionary.

Khusus untuk menambahkan kata-kata baru di Kamus Li Niha, silakan klik pada tautan berikut ini.

  • Kamus Li Niha https://incubator.wikimedia.org/wiki/Wt/nia/Olayama

Hingga saat ini, kamus li niha ini masih berada di inkubator atau sosou’a. Pihak Wikimedia telah menerima proposal dari tim kontributor Kamus Li Niha untuk segera menetaskan dan diterima sebagai bagian dari bahasa di dunia yang ada di daftar Wikimedia. Untuk bisa keluar  dari inkubator diperlukan jumlah lema kata minimal yang disyarakat oleh tim Wikimedia. Artinya Anda  semua sangat dibutuhkan agar bahasa Nias bisa lestari dan menjadi bahasa di Wikimedia serta Google bisa mengambilnya menjadi salah satu bahasa yang bisa menerjemahkan dan diterjemahkan ke dalam bahasa asing.

Secara reguler, perangkat kamus ini terus diperbarui oleh salah seorang inisiator pengembangan Wiktionari Li Niha, yakni Sirus Laia, yang berdomisili di London, Inggris.

Setiap lema yang dimasukkan dalam Kamus Li Niha jika kurang lengkap jangan khawatir. Karena sifatnya urun daya, akan ada kontributor lain yang akan memeriksa serta meluruskan bagian-bagian yang kurang tepat dalam setiap lema yang telah diisi. Anda juga bisa melakukan perbaikan untuk lema yang bukan sumbangan Anda. Wikimedia akan mencatat setiap perubahan artinya jejak perubahan bisa terekam dengan rapi.

Agar memudahkan penggunaannya di Android, dibutuhkan coder dan pemrogram. Mungkin Anda memiliki talenta sebagai coder yang mengerti bahasa pemrograman, khususnya Android? Anda kami undang untuk join di grup Telegram dengan mengeklik join grup Telegram coder Android Ono Niha. Di grup ini akan didiskusikan apa saja yang perlu dilakukan untuk pengembangan Kamus Li Niha.

Berikut sekilas penjelasan untuk bisa menjadi kontributor di Wiktionari Kamus Li Niha.
wikinias_fitur-terbaru75 (1)