Saturday, July 13, 2024
BerandaHeadline NewsMenhub Lantik Marsdya TNI Kusworo Sebagai Kabasarnas

Menhub Lantik Marsdya TNI Kusworo Sebagai Kabasarnas

Jakarta, Kabar Nias – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas), Rabu (04/10/2023).

Upacara pelantikan berlangsung di Ruang Mataram Gedung Kementerian Perhubungan.

Marsdya TNI Kusworo menggantikan Marsdya TNI Henri Alfiandi yang purna tugas. Dalam sambutannya, Menhub berharap Kabasarnas yang baru dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik.

“Operasi SAR membutuhkan penanganan yang cepat. Reputasi kinerja Basarnas selama ini sudah diakui, baik di dalam maupun di luar negeri. Saya percaya, Marsdya TNI Kusworo mampu melaksanakan amanah tersebut sekaligus menjawab tantangan Basarnas ke depan yang semakin kompleks”, kata Menhub Budi Karya.

Marsdya TNI Kusworo yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sesko TNI menyatakan siap melaksanakan tugas yang diamanahkan.

“Sebagai prajurit, saya siap melaksanakan tugas sebagai Kabasarnas,” tegasnya.

Setelah pelantikan, Jenderal bintang tiga lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 tersebut menuju Kantor Pusat Basarnas, Jl. Angkasa Blok B15 Kav. 2-3, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bersama sang istri, Ika Handriani Kusworo, pria asal Kebumen Jawa Tengah tersebut mengikuti seremoni passing in, sebuah tradisi penyambutan pimpinan baru di lingkungan Basarnas. Setelah mendapatkan penghormatan dari personel Basarnas Special Group (BSG), Kabasarnas dan istri disambut Sekretaris Utama (Sestama) Abdul Haris Achadi bersama istri. Saat itulah, Sestama menyerahkan bendera pataka Basarnas.

Selanjutnya, Sestama mengalungkan untaian bunga kepada Kabasarnas dan istri Sestama menyerahkan buket kepada istri Kabasarnas yang juga akan menduduki jabatan baru sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.

Kabasarnas memasuki gedung Basarnas dan mendapat ucapan selamat dari para Pimpinan Tinggi Madya, Pratama, serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang hadir beserta istri.

Baca juga:  Presiden Jokowi Resmikan Jalan Akses Labuan Bajo-Golo Mori

Passing in selesai, Kabasarnas selanjutnya melaksanakan entry briefing secara offline di Ruang Serba Guna Dono Indarto Gedung Basarnas bersama seluruh jajaran pegawai di Kantor Pusat Basarnas dan melalui online kepada para pegawai UPT di seluruh Indonesia.

“Ada beberapa point penting yang saya sampaikan pada pengarahan perdana saya kepada seluruh jajaran di lingkungan Basarnas terkait dengan tugas dan fungsi Basarnas dalam penyelenggaraan operasi SAR. Yang pasti, saya bersyukur, mengucapkan terimakasih, sekaligus meminta doa serta dukungan dari semua pihak untuk memimpin Basarnas ke depan agar lebih baik dan lebih baik lagi,” tukasnya.

Kabasarnas menjelaskan, visinya adalah mewujudkan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan yang handal dan efektif dalam rangka menuju Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong.

Sedangkan misinya, yang pertama menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan yang efektif, terintegrasi, dan berstandar internasional. Dan yang kedua, menguatkan sistem penyelenggaraan pencarian dan pertolongan melalui pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia, sarana prasarana dan system komunikasi, pengitegrasian pencarian dan pertolongan, serta penguatan kelembagaan. (*)

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments