Saturday, April 27, 2024
BerandaHeadline NewsPolres Nias Selatan Terjunkan 715 Personil dan BKO Polda Sumut Untuk Pengamanan...

Polres Nias Selatan Terjunkan 715 Personil dan BKO Polda Sumut Untuk Pengamanan TPS 

Teluk Dalam, Kabar Nias – Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Polres Nias Selatan terjunkan 715 orang personil untuk pengamanan TPS.

“Dari Polres Nias Selatan sendiri sebanyak 170 personil, kemudian untuk personil Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Sumut sebanyak 495 personil ditambah dukungan personil Brimob sebanyak 50 orang,” ujar Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono saat menggelar apel kesialan dan pergeseran pasukan yang berlangsung di halaman apel Mapolres, Senin (12/2/2024).

Dalam apel tersebut, setiap personil diperiksa kelengkapan perorangan seperti rangsel, rolling bed, rompi, jas hujan dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam tugas pengamanan TPS. Selain itu, mereka juga diberikan arahan dan penekanan mengenai tata cara bertindak dan menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Boney mengatakan Kabupaten Nias Selatan memiliki jumlah daftar pemilih tetap (DPT) cukup tinggi, ada sebanyak 1058 TPS yang tersebar di 35 kecamatan baik di daratan dan Kepulauan.

“Jadi untuk pola pengamanannya nanti, 2 personel Polri dan 8 Linmas akan mengamankan 4 TPS,” katanya.

Boney juga menekankan kepada seluruh personil yang akan melaksanakan pengamanan TPS untuk tidak menganggap sepele tugas tersebut, selalu bersikap humanis kepada masyarakat, jangan bersikap arogan dan ugal-ugalan, dan kawal ketat proses mulai dari pendistribusian sampai ke tingkat PPS, tahap pilih, pungut, hitung serta rekapitulasi selesai, dan sampai hasil surat suara kembali ke KPU dengan aman.

“Dalam menjalankan tugas pengamanan TPS, kita harus benar-benar paham akan apa yang harus dilaksanakan. Jangan menganggapnya seperti pengamanan biasa. Situasi Pemilu memiliki dinamika tersendiri yang harus dipahami dan ditangani dengan serius,” kata Boney tegas.

Beliau juga menambahkan bahwa seluruh personil akan melaksanakan pergeseran pasukan menuju ke wilayah masing-masing. Para personil harus memahami karakteristik wilayah masing-masing TPS dan kuasai Medan dengan serius.

Baca juga:  AKBP Robert Kennedi Aritonang Resmi Jabat Kapolres Nias Selatan

“Pada hari ini,sampai pada tanggal 13 februari nanti , kita akan melaksanakan pergeseran pasukan. Pahami karakteristik wilayah masing-masing TPS, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga keamanan,” tambahnya.

Kapolres mengimbau kepada seluruh personelnya, untuk selalu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.

“Tahapan pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi, oleh karena itu mari kita tetap fokus. Sehingga, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman lancar tanpa kurang suatu apa pun,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments