Evaluasi Pilkada 2015, KPUD Nias Minta Masukan dari Masyarakat

PILKADA 2015

0
435
Turunan Gulö, mantan anggota KPU Sumatera Utara, menjadi fasilitator dalam diskusi kelompok terfokus (forum group discussion/FGD) dalam rangka evaluasi pelaksanaan Pilkada 2015 di Kabupaten Nias. —Foto: Kabarnias.com/Nitema Mendröfa

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nias melaksanakan diskusi kelompok terfokus (focus group discussion/FGD). FGD tersebut bertujuan mengevaluasi pelaksanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, Senin-Selasa (7-8/3/2016), di Aula Wisma Soliga, Jalan Diponegoro, Km 4.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulö mengatakan, melalui FGD ini diharapkan ada masukan atau saran terkait pelaksanaan Pilkada 2015 dan juga pemilihan umum yang akan datang. Sehingga kekurangan atau masalah yang sering terjadi seperti pemutakhiran data pemilih dapat diatasi.

“Kegiatan FGD ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan KPU  Kabupaten Nias, untuk mengevaluasi pelaksanaan Pilkada 2015,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara, Benget Silitonga, turut hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan FGD dan Turunan Gulö dipercayakan sebagai fasilitator pertemuan FGD tersebut.

“Evaluasi pelaksanaan Pilkada merupakan hal penting untuk memperbaiki kinerja penyelenggara pemilu, mulai dari KPUD sampai kepada pelaku di tingkat desa,” ujar Benget.

Pantauan Kabar Nias, peserta FGD antara lain berasal dari utusan partai politik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kesbangpol, tokoh masyarakat, LSM, dan wartawan dari berbagai media massa. [knc01w]