Friday, June 21, 2024
BerandaHeadline NewsFestival Pesona AEKHULA Masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024

Festival Pesona AEKHULA Masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024

Lahomi, Kabar Nias – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Sebanyak empat event terbaik dari Provinsi Sumatera Utara berhasil lolos, siap menyambut kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

KEN 2024 diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Sabtu malam (27/01/2024) setelah melewati tahapan dan proses kurasi yang sangat ketat sejak Oktober tahun lalu, diikuti ratusan event terbaik dari tiap Kabupaten/Kota.

Tim panel yang melakukan penilaian terdiri atas tim Kemenparekraf dan para kurator independen yang ditunjuk oleh Kemenparekraf. Para kurator memiliki kapasitas dan keahlian pada bidang ide dan inovasi, bidang pemasaran dan strategi komunikasi, bidang manajemen kegiatan, bidang manajemen keuangan dan bidang analisis dampak

Adapun empat event terbaik dari Provinsi Sumatera Utara yang resmi diluncurkan, yaitu Festival Pesona Aekhula, Gelar Melayu Serumpun, Festival Bunga dan Buah Karo, Samosir Music International

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia yang hadir pada acara Launching KEN 2024, mengungkapkan rasa syukur masuknya Festival Pesona Aekhula (FPA) pada KEN 2024.

“Ini adalah kali kedua Festival Pesona Aekhula masuk dalam jajaran 110 event terbaik di Indonesia, sebelumnya di tahun 2022. Kita bersyukur FPA masuk KEN lagi dan ini menjadi penyemangat bagi kita”, tutur April Imelda Juita Hia.

Festival Pesona Aekhula digagas sebagai upaya mengangkat citra budaya daerah di tingkat nasional sehingga semakin dikenal luas. Selain itu Festival Pesona Aekhula menjadi event tahunan Kabupaten Nias Barat dengan tujuan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan UMKM lokal serta meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kabupaten Nias Barat secara khusus dan ke Kepulauan Nias secara umum.

Baca juga:  Sokhiatulo Laoly Kukuhkan Tim Pemenangan Korcam dan Kordes Se-Kabupaten Nias Barat

Festival Pesona Aekhula (FPA) dijadwalkan pelaksanaannya pada bulan Mei 2024.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan kemasan event Festival Pesona Aekhula 2024 sebaik-baiknya dan semenarik mungkin dengan mengedepankan prinsip kolaboraksi dengan berbagai stakeholder. Kami mohon dukungan dan doa dari segenap masyarakat untuk menyukseskan FPA yang merupakan event daerah kebanggaan kita bersama”, pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments