Tuesday, February 27, 2024
BerandaKanalDaerah Otonomi BaruForkada Se-Kepulauuan Nias Sepakati Surati Kementerian dan Gubernur Sumut Terkait Pembangunan

Forkada Se-Kepulauuan Nias Sepakati Surati Kementerian dan Gubernur Sumut Terkait Pembangunan

Nias, Kabarnias – Sebagai tindaklanjut pertemuan Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias di Nias Barat beberapa waktu lalu, kembali dilaksanakan pertemuan Forkada se-Kepulauan Nias yang berlangsung di Pendopo Bupati Nias, Rabu (21/06/2023).

Sekretaris Forkada yang juga Sekda Kab. Nias Samson P. Zai, S.H., M.H. mengungkapkan bahwa pertemuan – pertemuan Forkada sebelumnya hanya menghasilkan surat kesepakatan bersama yang sifatnya tidak berkekuatan hukum sehingga tidak dapat ditindaklanjuti oleh kementerian.

“Yang dibutuhkan adalah keputusan bersama yang dapat diteruskan kepada Gubsu maupun di kementerian”, kata Samson Zai.

Sambutan Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias yang juga menjabat sebagai Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si menyampaikan bahwa tujuan pembentukan Forkada adalah untuk memaksimalkan fungsi koordinasi dan komunikasi antar Kepala Daerah se -Kepulauan Nias dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan dan penyelesaian masalah – masalah aktual yang melibatkan kepentingan daerah otonom Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias.

Melalui rapat tersebut, Forkada se-Kepulauan Nias memutuskan untuk membuat surat bersama Kepala Daerah terkait kebutuhan lintas kabupaten di Kepulauan Nias antara lain ; menyurati Kementerian BUMN terkait aktivasi kembali penerbangan Jakarta – Nias dan penyelesaian program Listrik Desa dari pusat paling lambat Tahun 2024, menyurati Kementerian Perhubungan untuk penambahan panjang lebar runway Bandara Binaka agar bisa didarati pesawat jenis Boeing 707-800 dan sejenisnya, menyurati Kementerian PUPR tentang pembangunan jalan lingkar luar di Kepulauan Nias, menyurati Gubsu tentang penyusunan Master Plan pembangunan terpadu se-Kepulauan Nias, dan percepatan penyelesaian proyek multi years Provsu di Kepulauan Nias.

Terkait pemekaran Kepulauan Nias menjadi satu provinsi, Forkada sepakat melanjutkan perjuangan pemekaran yang sudah dirintis. Namun, sebelumnya Forkada akan memanggil pengurus Badan Persiapan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias (BPPPKN) untuk melakukan ekspos pada rapat Forkada selanjutnya tentang kegiatan yang sudah dilakukan oleh BPPPKN termasuk penyampaian laporan keuangannya.

Baca juga:  Christian Zebua: Provinsi Kepulauan Nias adalah "Jembatan Emas"

Forkada juga sepakat melakukan penyegaran organisasi BPPPKN dan personil terutama yang sudah meninggal.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi, M.Si, Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md, Sekda Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM, Sekda Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu dan para Staf Ahli/Asisten/Kepala OPD Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments