100 Persen Dana Hibah Sudah Diterima KPU Kota Gunungsitoli

ANGGARAN PILKADA

0
867

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Dana hibah sebesar Rp 13,2 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Gunungsitoli sudah diterima 100 persen oleh KPU. Penggunaan dana itu salah satunya untuk biaya pemeriksaan para calon kepala daerah-calon wakil kepala daerah yang akan dilangsungkan di RSU Pirngadi Medan, Sumatera Utara, pada 31 Juli 2015.

Demikian dikabarkan Sökhi’atulö kepada Kabar Nias, Minggu (26/7/2015), di kantor KPU Kota Gunungsitoli, di Desa Dahana, Kota Gunungsitoli.

“Semua dana hibah sebesar Rp 13,2 miliar sudah ditransfer kepada KPU oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli. Dana itu tentu digunakan sesuai peruntukkannya sebagaimana diatur dalam UU dan peraturan-peraturan guna melaksanakan tahapan pilkada di Kota Gunungsitoli,” ujarnya.

Rp 6 Juta Per Orang

Salah satu kegunaan dana hibah tersebut, kata Sökhi’atulö, adalah untuk membiayai pemeriksaan kesehatan setiap calon di RSU Pirngadi, Medan. Selain itu, dana ini juga digunakan untuk honor pegawai dan komisioner KPU hingga penyelenggara desa, pembelian alat peraga calon, dan berbagai pos anggaran lainnya.

Adapun biaya transportasi para calon dari Nias ke RSU Pirngadi Medan, ditegaskan Sökhi’atulö, tidak ditanggung oleh KPU.

“Terkait pemeriksaan kesehatan, jadwal yang sudah ditentukan RSU Pirngadi, Medan, yaitu pada 31 Juli 2015. Besarnya biaya sekitar Rp 6 juta per orang. Biayanya ditanggung KPU, kecuali transpor calon,” kata Sökhi’atulö. [knc02w]