ANUGERAH FILM

Film Karya Fakoli Menangi Festival Film Anak 2015

0
820
Para pemenang lomba. —Foto: Dokumentasi PKPA

GUNUNGSITOLI, SENIN — Film berjudul Kubisa Jadi Pemimpin karya anak-anak Nias yang bergabung dalam Forum Anak Kota Gunungsitoli (Fakoli) menjadi pemenang pertama kategori film fiksi dalam Festival Film Anak (FFA) 2015. Pemberian anugerah kepada para pemenang dilangsungkan pada penganugerahan FFA 2015 di Convention Hall, Mutiara Nafiri Medan, Minggu (22/11/2015).

Menurut rilis pers yang dikirimkan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), yang diterima Kabar Nias, Senin, film pendek berdurasi 15 menit yang mengangkat cerita tentang seorang anak yang menyandang disabilitas menyabet empat penghargaan di empat nominasi sekaligus, yaitu juara I Kategori Film Fiksi, Insan Sutradara Terbaik (Benvan Eliezer Lömbu], Insan Editor Terbaik (Angelia Gea), dan nominasi Pemeran Wanita Terbaik (Tania Ziliwu).

Fendi Bahagia Zebua, Pelaksana Tugas Ketua Fakoli, yang menghadiri acara penganugerahan bergensi karya anak-anak Sumatera Utara itu, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Fakoli pada FFA 2015.

“Ini adalah berkat dan penyemangat bagi kami untuk terus berkarya membawa harum nama Kota Gunungsitoli dan tentunya nama Pulau Nias. Hal ini juga merupakan bukti bahwa anak-anak Nias mampu bersaing dengan anak-anak di tingkat Sumatera Utara. Mudah-mudahan ke depan bisa mengukir prestasi di tingkat nasional dan internasional,”  ujar Fendi.

Ia berharap film, yang juga ikut diperankan oleh Suster Klara Duha itu, dapat menginspirasi kaum disabilitas untuk tidak mudah menyerah dan putus asa. Ia tak lupa menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Fakoli atas kerja sama dalam penggarapan film hingga selesai pada Oktober 2015.

“Juga kepada abang dan kakak di PKPA Kantor Cabang Nias yang selalu setia mendampingi dan memfasilitasi Fakoli di berbagai kegiatan, termasuk dalam memproduksi film Kubisa Jadi Pemimpin.

Untuk diketahui, FFA diselenggarakn oleh Yayasan PKPA. Ajang ini merupakan wadah pendidikan dan apresiasi para sineas dan aktor bersama para tim dalam komunitas untuk memberdayaan anak sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak.

Fakoli sudah beberapa kali ikut dalam festival ini. Pada tahun 2014 yang lalu Fakoli juga menyabet pialah juara II kategori film fiksi pada lewat film Kutitip Mimpiku Padamu.***