BENCANA KEBAKARAN

Ruko Hangus Terbakar di Afilaza

1
1662
Kebakaran di Ruko BNKP - Photo oleh Tian Zega

JAKARTA, KABAR NIAS — Sebanyak 7 pintu rumah toko di Afilaza, Kota Gunungsitoli, tepatnya di belakang gedung SD Afilaza, hangus terbakar Jumat (7/8/2015) sekitar pukul 04.00. Petugas pemadam kebakaran Kota Gunungsitoli sedang melakukan pemadaman di lokasi.

Menurut saksi mata, Ama Agus Zega, korban kebakaran itu adalah Dasril (penjual kelontong), Tukang Jahit BNKP, Mie James 2 pintu, Toko Sophie Martin (2 pintu). Penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui.

Sejumlah harta benda korban hangus dan tak bisa diselamatkan. Belum ada kabar korban jiwa dalam kebakaran ini.

Petugas pemadam kebakaran Kota Gunungsitoli berusaha menjinakkan api, Jumat (7/8/2015). —Foto: Tian Zega
Petugas pemadam kebakaran Kota Gunungsitoli berusaha menjinakkan api, Jumat (7/8/2015). —Foto: Tian Zega

Tian Zega, warga Afilaza, yang berada di lokasi, mengatakan pemadam kebakaran Kota Gunungsitoli sudah tiba dan melakukan pemadaman. “Namun, beberapa ruko terlihat sudah tak bisa diselamatkan. Total ada 7 pintu yang terbakar. Tiga bangunan masih berdiri, tetapi dalamnya sudah habis,” ujarnya.

Menurut Ama Agus Zega, juga warga setempat yang dihubungi Kabar Nias, mengatakan, kebakaran mulai pukul  04.15. “Hingga kini BPBD Kota Gunungsitoli dan BPBD Nias berupaya memadamkan api,” ujarnya kepada Kabar Nias saat dihubungi dari Jakarta.

Kondisi lalu lintas di sekitar lokasi sempat mengalami kemacetan karena bertepatan dengan waktu keberangkatan warga ke kantor dan ke sekolah. Di tambah lagi dengan keramaian di Pasar Nou.

“Ini sedang macet di sini karena bertepatan dengan warga berangkat ke kantor dan sekolah, serta lokasi kebakaran juga dekat Pasar Nou,” ujar Ufan Zebua, saksi mata kebakaran itu, kepada Kabar Nias. [knc02w/knc02r/knc01r]