Tiga Orang Nias Lolos Seleksi Tahap I Calon Pimpinan KPK

9
7496

JAKARTA, KABAR NIAS — Tiga orang Nias, yaitu Amiziduhu Mendröfa, Firman Zai, dan Nindya Nazara, termasuk dalam 194 pelamar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama oleh panitia seleksi.

Seleksi tahap pertama penjaringan calon pimpinan KPK tersebut adalah berupa kelengkapan dokumen dan ketepatan kualifikasi, serta kompetensi pendidikan. Seperti dilaporkan sejumlah media massa, Sabtu (7/5/2015), panitia seleksi untuk penjaringan pimpinan KPK kali ini menerima 611 berkas pendaftaran.

“Iya ada 3 orang asal Nias yang lolos. Saya, Pak Firman, dan satu Nazara dari Kalimantan,” ujar Amiziduhu kepada Kabar Nias, Senin pagi.

Penelusuran Kabar Nias, Amiziduhu Mendröfa, S.H., M.Hum, lahir 10 Oktober 1967 (48 tahun)—yang menempati urutan ke-18 pada daftar yang lolos seleksi tahap I—berdomisili di Kompleks Indovilla Blok B/1, RT 003 RW 010, Kelurahan Parak Laweh Pulau AIA NAN XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat. Amiziduhu, berprofesi sebagai seorang penasihat hukum.

Amiziduhu merupakan mantan intel di Kepolisian Daerah Sumatera Barat dan tenaga pengajar di Sekolah Kepolisian Negara (SPN). Setelah itu, ia mengundurkan diri dari dinas kepolisian tahun 2007.

“Saya sedang menyelesaikan program S-3 di Universitas Negeri Andalas dengan disertasi: Kewenangan Pencegahan Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” ujar Amiziduhu.

Drs. Firman Zai, M.Si., urutan ke-59, tercatat bertempat tinggal di Kompleks Kimia Farma, Hankam, Blok B4, No 2, RT 002, RW 002, Kelurahan Parungserab, Ciledug, Tangerang, berada di urutan ke-59. Firman juga pernah tercatat lolos hingga 12 besar pada 2010 dan 64 besar pada 2014. Saat itu Firman lolos bersama Nindya Nazara, SE, dan Elmansyah Telaumbanua.

Seperti dilansir di situs setneg.go.id, ke-194 pelamar yang lolos tahap I wajib mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yaitu tes objektif dan pembuatan makalah pada 8 Juli 2015 pukul 09.00–15.30 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Gaharu I, No. I, Cipete, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Menurut situs Setneg, masyarakat diharapkan memberikan masukan terhadap nama-nama yang telah diumumkan paling lambat 3 Agustus 2015, melalui website www.capimkpk.setneg.go.id atau melalui surat dengan alamat Kementerian Sekretariat Negara, Gedung 1 lantai 2, Jl. Veteran No. 18, Jakarta Pusat 10110.

Johan Budi SP, Plt Pimpinan KPK sekarang, juga termasuk yang lolos pada penjaringan tersebut.