POJOK SEHAT

Terapi Target untuk Pasien Kanker Nasofaring

0
1619

Dari Syukur Gea
Domisili: Medan

Dok, mohon informasi, apakah pengobatan untuk kanker nasofaring (NPC) sebaiknya diberikan obat targeted therapy (TheraCIM) yang berguna untuk menghambat pertumbuhan tumor. Kebetulan ada saudara yang terkena NPC dan sudah konsultasi ke dokter THT yang menyarankan untuk mengombinasikan pengobatan kemoterapi ditambah tadioterapi + TheraCIM. Menurut dokter Ria, bagaimana, kami juga bingung mengambil keputusan yang tepat.

Terima kasih atas jawaban dari dr Ria.


PS-iconJawaban dr. Ria: Targeted therapy (TheraCIM) adalah salah satu  tindakan terapi untuk kanker nasopharyng yang dinamakan “terapi target” artinya terapi ini yang sasaran terapinya/target  adalah melawan semua zat yang jadi perangsang bertumbuhnya sel kanker.

Umumnya pemberian kemo dan radioterapi sering tidak efektif sehingga usia harapan hidup pasien menjadi lebih pendek. Terapi targeted menggunakan obat yang diinjeksikan ke dalam tubuh pasien. Ini memberi peluang ketika pemberian kemo dan radioterapi dianggap kurang berhasil atau diberikan secara bersamaan. Keberhasilannya juga bergantung pada tingkat keganasan kanker atau kondisi pasien itu.

Sebaiknya lebih banyaklah bertanya kepada dokter langsung, jangan segan untuk bertanya, jangan kita mulai tindakan kalau pasien atau keluarga tidak meyakini atau mengetahui secara luas tindakan apa yang akan dilakukan.

Kalau ingin melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan second opinion atau pendapat lain para ahli boleh juga ke RS lain yang mempunyai dokter ahli kanker apakah pendapatnya sama agar kita merasa puas dan yakin menjalaninya.

Sekilas tentang Kanker Nasofaring

Perlu diketahui, kanker Nasopharynx adalah kanker yang mengenai hidung (naso) dan tenggorokan (pharynx), jadi rongga belakang hidung sampai ke tenggorokan. Penyebab pastinya tidak diketahui. Namun, yang paling sering, penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein Barr (EBV virus).

Penyakit ini banyak dialami laki-laki perokok, peminum alkohol, dan sering memakan ikan asin atau makanan asin walaupun ada juga orang yang mengalami tanpa semua kebiasaan itu.

Ilustrasi: https://goo.gl/23Or20 dan http://goo.gl/eGbHr
Ilustrasi: https://goo.gl/23Or20 dan http://goo.gl/eGbHr

Gejala yang paling sering adalah mimisan, sakit kepala, susah bernapas, serta gangguan pada suara. Perlu diwaspadai karena kanker ini paling ganas di antara semua kanker yang ada. Konsultasilah ke dokter jika ada keluhan-keluhan di atas. Semakin cepat diketahui semakin cepat juga pertolongan dilakukan.


Redaksi:
Pembaca Kabar Nias yang budiman, jika Anda punya keluhan atau pertanyaan tentang masalah kesehatan dan ingin konsultasi dengan dr Ria Novida Telaumbanua, silakan mengeklik FORMULIR INI.