Terlambat 2 Jam, Pasangan Calon Ini Ditegur KPU Nias

PLENO REKAPITULASI DUKUNGAN

0
887

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Ketua KPU Nias Abineri Gulö kesal dan menegur pasangan calon perseorangan, Faigiasa Bawamenewi-Bezatulö Gulö (FA’ATULÖ) karena keterlambatan menghadiri rapat pleno rekapitulasi dukungan tingkat Kabupaten Nias hasil verifikasi PPK di Kantor KPU Nias Jl. Diponegoro No. 478 Miga Kota Gunungsitoli, Jumat (21/8/2015).

“Secara nyata kami menegur pasangan calon ini karena terlambat. Masyarakat Nias memberi harapan kepada KPU untuk mengelola proses pilkada secara jujur dan adil juga pendukung calon,” ujar Ketua KPU Nias Abineri Gulö saat membuka rapat.

Harusnya, kata Abineri, rapat tersebut sesuai undangan semestinya dimulai pukul 14.00 dan akhirnya baru dibuka pukul 16.00 karena pasangan calon ini terlambat. Meskipun penghubung sudah sampai dan memberi tahu, tetapi pasangan calon belum memberikan surat kuasa untuk menggantikan menghadiri rapat pleno.

Seusai pembacaan rekap itu, Faigiasa Bawamenewi menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan mereka berhubung adanya kegiatan yang sulit dielakkan.

“Kami menerima dengan lapang dada teguran KPU karena itu sesuai aturan. Kami terlambat karena sebelumnya melayat di Desa Sihare’ö Mau dan mesti memberi kata-kata penghiburan dan baru tiba di KPU Nias,” ujar Faigiasa.

Pengamatan Kabar Nias, sebelum pembukaan rapat pleno itu, tim penghubung mencoba memberi surat tugas ke KPU Nias, tetapi ditolak karena bukan surat tugas di KPU melainkan di tingkat desa. [knc02w]