KABAR DIASPORA

Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua: Saya Fokus pada BPP-PKN Saja

0
126

MEDAN, KABAR NIAS — Mayjen TNI (Purn) Drs Christian Zebua, MM, Ketua Umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN), menyatakan belum berpikir untuk mencalonkan diri dalam kontestasi pemilihan kepala daerah pada pilkada mana pun. Mantan Pangdam XVII/Cenderawasih, Papua, itu menyatakan masih fokus pada tanggung jawab sekarang ini, mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias.

“He-he….Saat ini masih belum berpikir untuk mencalonkan diri itu, dek. Saya dengar juga ada di media sosial yang mengusulkan saya. Namun, saya apresiasi mereka yang menyebut nama saya. Itu saya anggap sebuah kehormatan dan harapan kita bersama bahwa orang Nias layak dan setara dengan kapasitas para bakal calon yang sudah menyatakan ikut, kata Christian Zebua saat dikonfirmasi tentang pencalonan dirinya maju pada pilkada di Sumut sebagaimana viral di media sosial.

“Saat ini saya fokus saja sebagai Ketua Umum BPP-PKN untuk mengajak semua pihak agar bersama-sama memperjuangkan amanat hati masyarakat Nias, yakni mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias,” kata Christian.

Pria kelahiran Nias 60 tahun lalu itu mengaku terus melakukan konsolidasi kepada semua lapisan masyarakat agar bahu-membahu dalam cita-cita besar Nias dapat menjadi daerah otonomi baru sehingga Kepulauan Nias bisa segera terlepas dari status daerah tertinggal.

Kondisi geografis dengan posisi di Samudra Hindia menjadikan Nias sebagai pulau terdepan, terisolir, dan tertinggal (3T).

“Jarak kita dengan ibu kota Sumatera Utara, Medan, juga begitu jauh sehingga tak dimungkiri itu menjadi satu faktor terhalangnya pelaksanaan program-program pemerintah provinsi. Ini bisa diatasi jika program pemerintah pusat langsung ke Nias saja ,” ujarnya.

Menyongsong hal itu, menjadi penting bagi Kepulauan Nias untuk menyiapkan terus infrastruktur yang dibutuhkan.

Seperti diketahui bahwa syarat administrasi, teknis, dan kewilayahan Provinsi Kepulauan Nias telah terpenuhi dan telah disahkan oleh DPR pada 2014.

Disampaikan Christian, seluruh masyarakat Nias perlu memberi apresiasi dan dukungan kepada para kepala daerah dan jajarannya yang terus membangun Nias sekuat tenaga.

“Dukungan masyarakat dan juga kesamaan visi dengan gerak yang sama dibutuhkan sehingga tujuan besar kita, mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias, jika Tuhan berkenan, pasti akan tercapai,” ujar Christian.