KEPENDUDUKAN

“Server” Data Penduduk di Kabupaten Nias Masih Belum Bisa Diakses

1
1407

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS – Meskipun sudah selesai diperbaiki di Jakarta, alat untuk akses data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nias belum bisa diakses kembali setelah rusak sejak Juli 2015.

Server yang ada di Dinas Kependudukan Kabupaten Nias rusak sejak Juli 2015. Sehingga data yang dikeluarkan seperti surat pindah penduduk dan lainnya tidak bisa di akses oleh Dinas Kependudukan Kabupaten lain termasuk pusat. Namun, saat ini sudah dipasang,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Nias Yanueli Nazara, Rabu (19/8/2015), kepada Kabar Nias.

Yanueli merespons keluhan warga yang disampaikan lewat rubrik Jurnalisme Warga di Kabar Nias, beberapa waktu lalu (Baca: Urus Surat Pindah di Kabupaten Nias, Data Belum “Online”).

Yanueli menjelaskan, server tersebut sudah selesai diperbaiki dan masih belum dapat berfungsi kembali. Masih menunggu perbaikan di beberapa peralatan yang server tersebut.

Menyiasati agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu, Disdukcapil Kabupaten Nias telah mengajukan pembelian alat baru. “Pemerintah Kabupaten Nias sudah mengajukan pengadaan server baru dengan anggaran sebesar Rp 176 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias 2015. Ya, kami menunggu pengesahan dari DPRD Kabupaten Nias,” kata Yanueli.

Yanueli mengimbau kepada semua warga Kabupaten Nias, jika ada yang perlu dikomunikasikan kepada Dinas Kepandudukan, dapat menghubungi nomor telepon kantor (0639) 21229 atau di nomor 085281444522 milik Yanueli Nazara.

Lewat rubrik Jurnalisme Warga di Kabar Nias, Sanötöna Zebua menyampaikan keluhan bahwa anggota keluarganya yang baru sampai dari Nias ke Batam atas nama Sofulala Zebua (22) dan Krismanzaro Zebua (20) tidak bisa mendapatkan pekerjaan karena surat pindah penduduk yang diurus di Disdukcapil Kabupaten Nias tidak bisa diakses secara online. [knc01w]


Ralat: Ada sedikit kekeliruan pada berita ini. Alat untuk akses data kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Nias, yang rusak sejak Juli 2015 itu, baru selesai dibetulkan dan baru tiba dari Jakarta. Petugas Disdukcapil Kabupaten Nias sedang memasangnya dan ternyata masih belum bisa berfungsi.

“Saat Kabar Nias mengonfirmasi memang sudah selesai diperbaiki, tetapi memang belum bisa berfungsi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera berfungsi,” demikian disampaikan Yanueli Nazara kepada Kabar Nias, Kamis (20/8/2015), saat mengonfirmasi kembali terkait server tersebut yang ternyata saat dicoba tidak bisa diakses oleh daerah lain.

Untuk itu, judul sebelumnya: “Server” Data Penduduk di Kabupaten Nias Sudah Bisa Diakses“, Redaksi ubah menjadi “Server” Data Penduduk di Kabupaten Nias Masih Belum Bisa Diakses“,

Redaksi Kabar Nias menyampaikan permohonan maaf atas kekeliruan yang terjadi ini.

 

 

Berita Terkait

Hilarius Duha Diminta Benahi Pelayanan Publik di Disdukcapil... FANAYAMA, KABAR NIAS — Masyarakat Nias Selatan mendesak Bupati Nias Selatan Hilarius Duha untuk memprioritaskan pembenahan pelayanan publik pada beber...
Alat Rusak, Pengurusan Dokumen Kependudukan di Nias Selatan ... FANAYAMA, KABAR NIAS — Pengurusan berbagai dokumen kependudukan di Nias Selatan terhambat akibat kerusakan pada alat. Kerusakan ini telah dilaporkan k...
Data Center Pusat Bermasalah, Penerbitan KTP-el Terganggu GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS – Karena jaringan Data Center pusat ada gangguan, pelayanan pencetakan KTP-el di Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten N...