PDI-P dan Gerindra Dukung Analisman Zaluchu-Haogösökhi di Nias Utara

1
1669
Analisman dan Haogösökhi Hulu — Foto dari Pustaka Media Kabar Nias

TUHEMBERUA, KABAR NIAS – Menjelang pendaftaran calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara 26-28 Juli 2015, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akan mengusung pasangan Analisman Zaluchu dengan Haogösökhi Hulu. Pasangan ini kemungkinan akan mendaftar pada 27 Juli 2015.

Hal ini dikemukakan Analisman Zalukhu, anggota legislatif Provinsi Sumatera Utara dari PDI-P, saat menyampaikan arahan dan bimbingan pada pelantikan pengurus ranting PDI-P di Dapil 2 Nias Utara, yaitu Kecamatan Sawö, Tuhemberua, dan Sitolu Öri, Senin (6/7/2015), di Aula Paroki Pastoral Tuhemberua.

“Puji Tuhan, kami berdua (Analisman Zalukhu dengan Haogösökhi Hulu) telah mendapat rekomendasi dari PDI-P dan Partai Gerindra. Kemudian ada dua partai lagi yang akan menyusul,” ujar Analisman tanpa menyebutkan nama kedua partai tersebut.

Menurut informasi yang diterima Kabar Nias, kemungkinan besar kedua partai tersebut adalah Partai PKPI dan Golkar. “Lagi dibicarakan terus, masih belum final,” kata Analisman.

Haogösökhi Hulu adalah mantan Sekda Nias Utara yang juga kerabat Fatizaro Hulu, Wakil Ketua DPRD Nias Utara yang juga Ketua DPC Gerindra Nias Utara.

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah, untuk Nias Utara pasangan melalui parpol minimal anggota DPRD yang duduk 5 kursi dari 25 kursi yang ada di Nias Utara.

Analisman mengatakan mereka sudah memenuhi syarat itu. PDI-P memiliki 4 kursi dan Gerindra 3 kursi. Kemudian, pasangan ini secara letak pemetaan telah mewaliki daerah. “Saya dari Lahewa: Kecamatan Lahewa, Afulu, Lahewa Timur dan Lotu. Sementara Hogösökhi dari Alasa: Kecamatan Alasa, Tugala Oyo dan Alasa Talu Muzöi,” ujar Analisman. Kami telah memutuskan, Sekdanya harus dari Tuhemberua sehingga nanti Sekda dapat searah dengan Ketua DPRD sekarang ini, yakni Bapak Fo’anöita Zai,” ujar Analisman.

Seperti diketahui, petahana Bupati Nias Utara Edward Zega juga kembali bertarung untuk periode kedua diusung Partai Demokrat (7 kursi) dan PAN (3 kursi). Edward, menurut informasi, akan berpsangan dengan Amizaro Waruwu, anggota DPRD Nias Utara, yang juga Ketua DPD Kabupaten Nias Utara. [ndh]