Zemi Gulö Berharap Pelantikan Bupati Nias Barat Segera Dilaksanakan

PEMERINTAHAN DAERAH

0
1250

LAHÖMI, KABAR NIAS — Pelaksana harian kepala daerah Kabupaten Nias Barat Zemi Gulö berharap, pelantikan kepala daerah terpilih Nias Barat segera dilaksanakan secepatnya. Semua keperluan yang sifatnya administratif, Zemi Gulö berjanji, pihaknya akan dengan sungguh-sungguh menyiapkannya secepat mungkin.

“Kalau ada keperluan atau kekurangan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan dalam hal pelantikan kepala daerah itukami akan berusaha segera menyiapkannya. Pemerintah Nias Barat sangat mendukung adanya percepatan waktu pelantikan Bupati-Wakil Bupati Nias Barat terpilih pada pilkada 2015 karena hal tersebut menyangkut percepatan pembangunan dan kebijakan lainnya demi menunjang kepentingan masyarakat,” ujanya kepada Kabar Nias, seusai pelaksanaan terah terima jabatan PLH kepala daerah di Kantor Bupati Nias Barat, Rabu (13/4/2015).

Menurut Zemi, dengan penerbitan SK, kemungkinan pelantikan itu tidak tertunda-tunda segera dilaksanakan terkecuali ada kebijakan pemerintah lebih lanjut, “Kalau kepala daerah kita sudah definitif segala kebijakan yang diambil asalkan sudah sesuai mekanisme atau tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku bisa langsung dijalankan.”

Zemi mengatakan, dirinya sebagai pelaksana tugas harian, siap melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada. Ia juga mengaku akan terus berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terkati apa saja yang harus dilengkapi dalam proses pelantikan kepala daerah ini.

Ia tidak memungkiri bahwa penundaan pelantikan kepala daerah menjadi topik perbincangan yang hangat di masyarakat. Sejumlah warga menyayangkan keterlambatan pelantikan kepala daerah terpilih tersebut.

“Pertanyaan masyarakat Nias Barat, yakni bahwa sangat tidak masuk akal pelantikan itu masih ditunda-tunda karena proses Pilkada di Nias Barat tidak bermasalah, bahkan tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Namun, sangat disayangkan SK pengangkatan bupati-wakil bupati terpilih justru masih berlarut-larut dan belum turun dari Kemendagri,” kata Zemi.

Ia berharap, dalam waktu yang tidak lama lagi, jika bisa di bulan April ini, SK para bupati diteken Mendagri dan langsung diikuti dengan pelantikan. Zemi juga memastikan bahwa selama masa transisi, roda pemerintahan di Nias Barat akan berjalan seperti biasanya.   [knc07]