PEMERINTAHAN

Nitema Gulö: Anggaran Pelantikan dan Syukuran Rp 300 Juta dari APBD

2
1236
Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulö —Foto: Aminudin Hia

JAKARTA, KABAR NIAS — Alokasi dana untuk pelantikan dan syukuran kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih Nias Barat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 disepakati sebesar Rp 300 juta.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulö kepada Kabar Nias, Rabu (13/4/2016). “Anggaran yang disepakati untuk pelantikan dan syukuran di dalam APBD sebesar Rp 300 juta,” kata Nitema Gulö.

Saat ditanya siapa kuasa pengguna anggaran tersebut, Nitema mengatakan, “Sekwan. Kalau soal pencairan, saya tidak tahu, itu urusan teknis.”

Penggunaan APBD untuk pelantikan dan syukuran ini dianggap sebagian masyarakat agak bertolak belakang dengan semangat membangun dan perubahan yang dikampanyekan oleh pasangan bupati-wakil bupati terpilih Faduhusi Daely-Khenoki Waruwu.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Gunungsitoli Hadirat ST Gea memastikan bahwa tidak ada alokasi APBD yang digunakan untuk pelantikan dan syukuran wali kota-wakil wali kota. “Anggaran untuk itu tidak ditampung dalam APBD,” kata Hadirat Gea kepada Kabar Nias.

Adapun Bupati Nias Selatan Dr AKBP (Purn) Hilarius Duha, SH, MH, kepada Kabar Nias memastikan tidak akan menggunakan APBD untuk pelaksanaan pelantikan dan syukuran. [knc01r]