Thursday, May 2, 2024
BerandaHeadline NewsKetua DPRD Nias Selatan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Ketua DPRD Nias Selatan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Teluk Dalam, Kabarnias.com – Ketua DPRD Nias Selatan Elisati Halawa, ST bertindak sebagai inspektur upacara peringatan hari lahir Pancasila 2023 yang berlangsung di lapangan Orurusa Teluk Dalam, Kelurahan Pasar Teluk Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, Kamis (01/06/2023).

Elisati Halawa, membacakan dan menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

“Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”, kata Elisati Halawa saat membacakan amanat tersebut.

Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa indonesia”, paparnya.

Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan Bangsa Indonesia.
Masih dalam amanat Presiden, Elisati Halawa, juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk menyukseskan pemilu Tahun 2024.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai, Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila”, harapnya.

Baca juga:  PNS Nias Selatan Sudah Mulai Terima Gaji

Pada upacara hari lahir Pancasila ini turut disemarakkan dram band dari anak-anak SMP Negeri 1 Teluk Dalam yang memukau para peserta dan undangan.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha, M.M, Wakapolres Nias Selatan, mewakili Komandan Lanal Nias, Kasi Intel wewakili Kajari Nias Selatan, Koramil Teluk Dalam serta Kepala OPD lingkup Pemda Nias Selatan.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments