Friday, June 21, 2024
BerandaKabar dari NiasAirNav Indonesia Gandeng Politeknik Penerbangan Medan Latih Masyarakat Di Bandara Binaka

AirNav Indonesia Gandeng Politeknik Penerbangan Medan Latih Masyarakat Di Bandara Binaka

Gunungsitoli, Kabarnias.com – AirNav Indonesia Gandeng Politeknik Penerbangan Medan Lakukan Pelatihan Masyarakat di Bidang perawatan dan perbaikan AC yang dilaksanalan di Bandara Binaka Gunungsitoli, Senin (5/6) dibuka oleh Direktur Poltekbang Medan, Sukarwoto.

Kerjasama ini bermaksud memberikan layanan dan pelatihan kepada warga masyarakat yang berada di lokasi bandara binaka, dibidang pelatihan perawatan AC, kerjasama ini digelar salah satunya untuk membangun SDM dan kepedulian terhadap pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar bandara. Dalam rangka mewujudkan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, tidak hanya itu ada beberapa pelayanan dan pelatihan seperti kelistrikan dan lain sebagainya.

Dalam rangka mewujudkan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, AirNav Indonesia melakukan pelatihan masyarakat di bidang kelistrikan di dua lokasi yakni Nias dan Takengon sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan dengan total beasiswa senilai Rp300 juta.

Pembukaan pelatihan turut dihadiri Manager TJSL AirNav Indonesia, Farchan Jamil, Kepala Bandara Binaka Gunungsitoli, Hary Wibowo dan diikuti para peserta pelatihan. Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari yang berakhir pada 9 Juni 2023.

Direktur Poltekbang Medan, Sukarwoto saat membuka pelatihan menyampaikan terimaksih atas kepercayaan dari AirNav Indonesia yang telah menjalin kerja sama dengan Poltekbang Medan dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat.

Sementara Farchan Jamil mewakili AirNav Indonesia mengatakan pihaknya sebelumnya bersama dengan Poltekbang Medan juga telah melaksanakan pelatihan teknik las listrik di Bandara Rembele, Takengon pada 22 – 29 Mei 2023 lalu.
Pelatihan masyarakat di dua lokasi ini berisi program pelatihan padat karya, bagi pengembangan masyarakat setempat sebagai komitmen BUMN agar dapat berperan langsung terhadap peningkatan kompetensi dan kemampuan kewirausahaan masyarakat. Pemilihan materi dan lokasi pelatihan-pelatihan ini mempertimbangkan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga menghasilkan SDM yang berdaya guna. Pelatihan ini juga dapat membawa manfaat berkelanjutan dalam sektor transportasi udara, karena erat kaitannya dengan kegiatan navigasi penerbangan dan kebandar udaraan.

Baca juga:  Dinkes Kota Gunungsitoli Targetkan Seluruh Warga Miskin Terintegrasi Sebagai Peserta JKN-KIS Hingga Tahun 2019

Sebagai lembaga penyedia pelatihan dan pendidikan, Poltekbang Medan, nantinya akan bertanggung jawab untuk menyediakan dan mengirim tenaga pengajar yang kompeten. Tenaga pengajar dari Poltekbang tersebut akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, di dua lokasi yang telah disepakati dalam Perjanjian Kerja Sama ini.

Pemilihan materi dan lokasi pelatihan-pelatihan ini mempertimbangkan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga menghasilkan SDM yang berdaya guna. Pelatihan ini juga dapat membawa manfaat berkelanjutan dalam sektor transportasi udara, karena erat kaitannya dengan kegiatan navigasi penerbangan dan kebandar udaraan.

“Melalui program ini, diharapkan perekonomian serta peluang pekerjaan di masyarakat setempat dapat meningkat dan dari program ini peserta diharapkan dapat memiliki jiwa kewirausahaan sehingga terciptanya kemandirian untuk membuka lapangan kerja,” harap Farchan Jamil

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments