Partai Gerindra Dukung Lianus Ndruru-Thomas Dachi

PENDAFTARAN CALON KEPALA DAERAH

0
1911
Pasangan Lianus Ndruru-Thomas Dachi. Foto: Suhertiyanus Dakhi

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Partai Gerindra mengarahkan dukungan kepada pasangan Lianus Ndruru-Thomas Dachi (LINMAS) untuk maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Nias Selatan. Pasangan ini, dengan diantar oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Sidi Adil Harita, mendaftarkan diri ke KPU di Jalan Sudirman, Telukdalam, untuk maju dalam Pilkada 2015.

Lianus Nduru dan Thomas Dachi tampak berjalan kaki menuju kantor KPU. Keduanya mengenakan kemeja warna putih lengan pendek dan kaki baju dibiarkan di luar. Sesampai di kantor KPU sekitar pukul 15.30, pasangan ini disambut oleh komisioner KPU.

Rombongan pasangan ini terlihat sebentar menunggu giliran menyerahkan berkas dengan duduk di ruang tunggu karena pihak KPU sedang menerima berkas dari pasangan HAM (Hadirat Manaö-Ami Hari Hondrö).

Menurut Ketua KPU Nias Selatan Alfian Zenius Dakhi, pasangan Lianus Ndruru-Thomas Dachi telah menyerahkan berkas pendaftaran di KPU sesuai dengan persyaratan yang diumumkan oleh KPU.  “Berkas tersebut akan kami verifikasi dan apabila nantinya ada kekurangan KPU akan sampaikan untuk diperbaiki. Masa perbaikan selama 4-7 Agustus 2015,” ujarnya kepada Kabar Nias.

Dinamika

Pada hari sebelumnya, Senin, santer beredar informasi bahwa Partai Gerindra akan mengarahkan dukungan kepada Nasowanolo Lo’i-Töröziduhu Telaumbanua.  Disebutkan, DPP Partai Gerindra telah mengeluarkan rekomendasi yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Hashim Djojohadikusumo bertanggal 25 Juli 2015.

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Saat Kabar Nias mengonfirmasi hal itu, Nasowanolo Loi, membantahnya. Informasi yang beredar itu hanya sebatas pernyataan dari DPP.

“Rekomendasi masih ditunggu hari ini (Senin, 27/7/2015). Yang ada pernyataan dari DPP Gerindra bahwa saya yang direkomendasi,” kata Nasowanolo.

Empat Pasangan

Hingga hari terakhir pendaftaran di KPU, di Nias Selatan terdapat 4 pasangan yang kemungkinan besar maju menjadi kontestan pilkada Nias Selatan, yaitu pasangan petahana Idealisman Dachi-Siotaraizokhö Gaho yang didukung oleh Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P), Nasdem, dan PKB; Lianus Ndruru-Thomas Dachi (Gerindra), serta pasangan Hilarius Duha-Sozanolo Ndruru yang diusung oleh PKPI, PBB, dan Demokrat; serta Hadirat Manaö-Ami Hari Hondrö yang diusung Hanura, PAN, Golkar. [knc05w]