SOSIALISASI PROGRAM

Warga Antusias Hadiri Pengukuhan Tim Fakhe di Lahömi

0
1099
Tokoh masyarakat, adat dan agama Nias Barat sedang doa bersama demi kemenangan pasangan calon Fakhe. —Foto: Aminudin Hia

LAHÖMI, KABAR NIAS — Acara pengukuhan tim pemenangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut 2 Faduhusi Daeli-Khenoki Waruwu (Fakhe) di lapangan sepak bola Persit di Desa Sitölubanua, Kecamatan Lahömi, Kamis (12/11/2015) dihadiri sekitar 4.000 orang dari berbagai kalangan.

Sebelum memasuki tribune, pasangan Fakhe disambut dengan pemberian kalung bunga, tari moyo, dan tari perang oleh kalangan pemuda. Selanjutnya diteruskan dengan acara penyuguhan sekapur sirih dari ibu darma wanita Kecamatan Lahömi, serta penyambutan secara adat oleh tokoh-tokoh masyarakat, adat dan agama se-Kecamatan Lahömi.

Pantauan Kabar Nias, pengukuhan tim pemenangan pasangan calon di Kecamatan Lahömi ini dilaksanakan langsung Faduhusi Daeli didampingi oleh Khenoki Waruwu bersama dengan tim pemenangan pasangan calon Fakhe dari tingkat Kabupaten Nias Barat. Terpilih sebagai koordinator kecamatan (Korcam) Lahömi Dominius Hia dan  Sekretaris Emanuel Daeli, serta dibantu oleh beberapa orang koordinator desa (kordes) se-Kecamatan Lahömi.

Balugu Hili Ana’a Sokhinafao Daeli, mewakili tokoh masyarakat Lahömi, dalam kata sambutannya, mengatakan pasangan nomor urut 2 ini yang pantas memimpin Nias Barat lima tahun ke depan karena dinilai peduli rakyat dan punya program kegiatan demi perubahan menuju kemajuan Nias Barat ke depan.

Menurut Balugu Hili Ana’a, Faduhusi Daeli dan Khenoki Waruwu merupakan figur yang punya segudang pengalaman, keahlian, dan kemampuan dalam memimpin serta memajukan daerah.

“Saya sudah melihat dan merasakan langsung selama kami bersama-sama dengan Khenoki Waruwu di lembaga legislatif, dia termasuk di antara lainnya yang selalu ngotot memperjuangkan hak-hak setiap desa tersolasi dan kaum tertindas, baik dalam pertemuan resmi maupun tidak resmi. Sehingga dengan adanya niat mereka berdua ini mencalonkan diri dan mau berpasangan demi memajukan Nias Barat, ya, mungkin inilah waktunya kita merasakan perubahan marilah kita semua apresiasikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Khenoki Waruwu menyampaikan program kerja yang hendak dilakukan selama limat tahun kerja apabila diberikan mandat oleh rakyat sebagai kepala daerah Kabupaten Nias Barat periode 2016-2021.

“Mempersembahkan program unggulan yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat sebagai berikut : 1). Menggratiskan biaya penebusan beras raskin kepada Masyarakat; 2). Menggratiskan biaya uang komite, mulai dari jenjang TK, SD, SMP sederajat, SMA/SMK sederajat; 3). Menggratiskan pupuk dan benih unggul kepada petani. 4). Memfasilitasi pengurusan Kartu BPJS kesehatan kepada seluruh masyarakat Nias Barat; 5). Membebaskan biaya pengurusan kenaikan pangkat, kenaikan jabatan, dan biaya kenaikan gaji berkala kepada seluruh PNS/ASN; 6). Membebaskan dari segala pungutan serta mempermudah pengurusan dokumen kependudukan (KTP, KK, akta Lahir, akta perkawinan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, “7). Memfasilitasi kepada pihak PLN, peningkatan daya dan luas jaringan listrik diseluruh wilayah Nias Barat, termasuk yang belum tersentuk di pelosok desa. 8). Merekrut ulang seluruh tenaga PTT, yang sudah diberhentikan; 9). Pembangunan Jalan dari Ibu kota Kabupaten ke Ibukota Kecamatan (konstruksi hotmix), dan dari Kecamatan menuju ke desa-desa dan lokasi-lokasi terisolasi; 10). Meningkatkan peran pemerintah atas program dan kegiatan keagamaan; 11). Membangun sarana dan prasarana olahraga di setiap kecamatan,” kata Khenoki.

Apabila program kegiatan yang sudah dicanangkan itu tidak terlaksana secara merata dan berkesinambungan, kata Khenoki, ia siap sedia mereka ditagih dan dituntut. “Saya menyampaikan kepada bapak/ibu, saudara/saudari dan adik-adik sekalian juga bagi kami pribadi paslon Fakhe, apabila program unggulan yang dicanangkan ini tidak terlaksana secara merata dan berkesinambungan maka kami pasangan Fakhe siap ditagih dan dituntut oleh rakyat.”  Lanjutnya, “Inilah ikrar atau janji kami kepada rakyat,” ujarnya.

Selain itu juga dalam sambutannya, calon Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nias Barat yang telah menghadiri pengukuhan tim pemenangan paslon Fakhe di tingkat Kecamatan Lahömi juga dukungan doa dari masyarakat dimanapun berada.

“Saya sampaikan kepada Bapak/Ibu, dan Saudara/Saudari sekalian yang telah berkesempatan hadir saat ini, jika kami dipercaya oleh kalian dan seluruh masyarakat Nias Barat untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat periode 2016-2021, berjanji akan bekerja semaksimal mungkin melaksanakan semua program yang sudah dicanangkan demi kemajuan Nias Barat tercinta,” ungkapnya.

Aine Ajak Masyarakat Jeli Pilih Pemimpinnya

Faduhusi Daeli-Khenoki Waruwu berusaha meraih simpatik masyarakat bersaing dengan pasangan Adrianus Aroziduhu Gulö-Oneyus Halawa. Oneyus Halawa adalah putra terbaik Lölöfitu Moi yang juga mantan anggota DPRD Nias Barat.

Pasangan Aine juga terus melakukan pendekatan kepada masyarakat Nias Barat, terutama pasangan calon ini membeberkan sejumlah visi-misi mereka yang mengedepankan transparansi dan pemerintahan yang bersih serta keberhasilan yang sudah dilakukan selama ini.

“Biar masyarakat Nias Barat saja yang memilih pemimpinnya, siapa yang terbaik. Jika mau bupati yang jujur dan tidak memikirkan dirinya sendiri. Aine, mari kita membangun Nias Barat bersama-sama,” ujar AA Gulö kepada Kabar Nias.

Ia meminta masyarakat Nias Selatan menggunakan akal sehat dan nurani untuk memilih pemimpinnya. Sekali lagi, kata AA Gulö—yang baru meluncurkan buku “Lima Tahun yang Menantang, Catatan AA Gulö, Bupati Nias Barat (2011-2016)”—silakan masyarakat Nias Barat menimbang-nimbang. Aine, Tafili Aine! Datang ke TPS pada 9 Desember 2015.” [knc07w]