TAHAPAN PILKADA

Debat Publik Tahap II Calon Kepala Daerah Nias Selatan Digelar Sabtu Ini

0
799
Suasana saat berlangsungnya debat I yang dipimpin oleh moderator, Supratman Purba dari Universitas Medan (Unimed). Foto: Suhertiyanus Dakhi

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan akan menggelar Debat Publik II Calon Bupati-Calon Wakil Bupati, Sabtu (21/11/2015), pukul 14.00-17.00 di Hall Defnas, Telukdalam. Tema debat kali ini adalah “Pembangunan Akses dan Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan Keunggulan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Menuju Masyarakat Nias Selatan Yang Sejahtera”.

Demikian disampaikan komisioner KPU Nias Selatan, Sumangeli Mendröfa, kepada Kabar Nias, Kamis malam. “Debat ini disiarkan secara langsung oleh RRI Nias Selatan, Radio Jiwa, dan Radio Suaka. Masyarakat yang tidak memiliki pesawat radio bisa mengaksesnya lewat aplikasi atau fitur radio di telepon seluler,” kata Sumangeli.

Adapun moderator debat kali ini adalah salah seorang dosen pascasarjana dari sebuah universitas terkemuka di Medan.

Sumangeli menjelaskan, saat pelaksanaan debat ini, pendukung pasangan calon dibatasi hanya 50 orang yang bisa masuk dalam ruangan debat. “Akan tetapi, para pendukung yang datang di Hall Delfas dan tidak kebagian masuk tidak perlu khawatir. KPU menyediakan dua monitor TV besar di luar gedung yang akan merilei semua jalannya debat,” katanya.

Lewat debat ini, kata Sumangeli, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan pencerahan serta bisa semakin mengenal calon yang akan dipilih kelak saat pemungutan suara pada 9 Desember 2015. “Dengan mendengar dan mengetahui visi-misi serta program-program setiap calon, masyarakat semakin percaya diri dalam memilih siapa calon pemimpin Nias Selatan lima tahun ke depan. Tidak seperti membeli kucing dalam karung,” ujar Sumangeli.

Ditanya terkait pengamanan, Sumangeli mengatakan, pihak Polres Nias Selatan sudah siap dengan jajarannya untuk mengamankan jalannya debat. “Kita beri kepercayaan penuh kepada pihak Polres Nias Selatan untuk mengamankan debat ini,” kata Sumangeli.

Seperti diketahui, debat publik di Nias Selatan ini akan diikuti pasangan nomor urut 1 Lianus Ndruru, ST, MM-Thomas Dachi, SH (LINMAS); nomor urut 2 Idealisman Dachi-Si’otaraizokhö Gaho (IDEAL SIGA); nomor urut 3. Dr Hilarius Duha, SH, MH-Sozanolo Ndruru (HD SANOLO); dan nomor urut 4 Hadirat Manaö-Pdt Ami Hari Hondrö, S.Th (HAM).