Pangkalan TNI AL Nias Kibarkan Bendera di Dasar Laut Pantai Tureloto, Nias Utara

0
77

LOTU, RABU ― Dalam rangkaian peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, TNI Angkatan Laut mengadakan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut di 77 tempat di seluruh Nusantara, salah satunya di perairan Pantai Tureloto, Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya TNI AL menggelorakan semangat cinta bahari serta kepedulian terhadap kemaritiman Nusantara.

Hal itu disampaikan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal Nias) Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu, Rabu (17/8/2022), saat memimpin langsung pengibaran bendera di dasar laut tersebut dengan kedalaman 7-10 meter.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-77 ke­mer­de­ka­an RI bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara. Ini juga sekaligus menggelorakan semangat cinta bahari, kepedulian terhadap kemaritiman kita, dan menunjukan bahwa kita adalah salah satu institusi di bidang kemaritiman, yaitu TNI/Polri yang ada di Nusantara ini, dapat melaksanakan tugas bersama menjaga laut kita ini, menjaga laut Nusantara kita, baik di permukaan maupun sumber da­ya yang ada permukaan sampai di dasar laut,” kata Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu dalam rilis pers yang dikirimkan kepada sejumlah media.

Ditambahkan Jerry, pengibaran bendera di dasar laut ini juga me­rupakan instruksi Bapak Presiden RI yang ditindaklanjuti oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM.

Kegiatan ini, kata Jerry, bertemakan “Mem­ba­ngun Kejayaan Maritim demi Kemajuan Bangsa  dan Negara” yang di­la­kukan secara serentak di 77 lokasi seluruh Indonesia yang dipimpin lang­sung oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono di mana acara ini dilaksanakan juga vicon dari 77 lokasi seluruh Indonesia yang  terpusat di Gladak KRI Dewa Ruci.

“Kegiatan ini semoga bermanfaat dan menjadi pembuka untuk me­lak­sa­nakan kegiatan ini ke depannya guna terus meningkatkan ke­sa­dar­an kita dalam semangat  kebaharian, gerakan cinta bahari  dan dapat memberikan dampak dalam meningkatkan perekonomian ma­sya­rakat sekitar,” kata Jerry.

Pengibaran bendera di dasar laut yang dimulai pukul 10.17 ter­sebut melibatkan 10 orang dari regu penyelam yang  langsung di­pimpin oleh  Danlanal Nias Nias Letkol Laut (P) Jerry Henry Ma­nuhutu, regu penyelam dari Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara,  Solangi Diving Club, Ketua Kelompok Konservasi Koalisi Bahari selaku ko­mandan upacara Yanuarman Gulö, serta regu penyelam  dari   Ba­sar­nas Nias, dan penyuluh perikanan bantu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ikonik Pariwisata

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Te­lau­mba­nua, S.Pi, M.Si, dikutip dari rilis tersebut, menyampaikan ucap­an terima kasihnya kepada Pangkaan TNI AL Nias yang memilih perairan Pantai Tureloto, Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Ka­bu­paten Nias Utara  sebagai lokasi pengibaran bendera di bawah air.

Disampaikan Sabar, kawasan Pantai Tureloto merupakan bagian dari kawasan konservasi yang sudah ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Kepmen Nomor 54 Tahun 2017 dan lokasi ini merupakan salah satu ikonik  wisata di Kabupaten Nias Utara.

“Kabupaten  Nias Utara memiliki keindahan bawah laut yang eksotis dengan keanekaragaman sumber daya yang ada. Diving merupakan salah satu cara mengajak pemangku kepentingan untuk me­ning­kat­kan kesadaran cinta bahari,” kata Sabar.

Tim dari TNI AL bersama Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Sabar Jaya Telaumbanua saat mengecek lokasi pengibaran bendera bawah laut.

Sabar berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan dan terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan, terutama Lanal Nias dalam menggelorakan olahraga diving dan snorkling di Kepulauan Nias, khususnya di Kabupaten Nias Utara.

“Ke depan perlu diagendakan pertemuan rutin antar-stakeholder untuk program Gerakan Cinta Bahari beserta peningkatan kapasitas kelembagaan untuk olahraga diving dan snorkling ini,” ujar Sabar Jaya Telaumbanua dalam rilis pers yang dikirimkan kepada redaksi, Rabu (17/8/2022).