Dorong Lahir Atlet Nasional, Himni Sumut Gelar Turnamen Bola Voli

0
2304
Illustrasi Pertandingan Bola Volly

MEDAN, JUMAT — Agar di kalangan orang Nias lahir atlet yang bisa berkiprah hingga tingkat nasional, sebuah turnamen bola voli digelar oleh DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (Himni) Sumatera Utara. Terkait hal itu, Himni mengharapkan partisipasi setiap pihak yang peduli dan menghargai usaha ini berupa pendanaan yang tidak mengikat.

”Lewat olahraga voli ini, putra-putri Nias dapat menunjukkan kiprah dan kehebatannya. Kami berusaha mendorong lahirnya atlet bola voli dari kalangan putra-putri Nias, agar bisa dimajukan di berbagai turnamen yang ada di Kota Medan, maupun regional bahkan tingkat nasional. Lewat turnamen ini juga, warga Nias yang ada di Kota Medan sekitarnya dapat berinteraksi dalam skala yang lebih besar,” ujar Ketua DPD Himni Sumut Turunan Gulö pada siaran pers yang dikirimkan ke Kabar Nias, Jumat (28/8/2015).

Sebelumnya, kegiatan sejenis juga pernah digelar pada Agustus-Oktober 2012.  Menurut Ketua DPD Himni Sumut Turunan Gulö, turnamen ini juga digelar sebagai upaya menjawab kerinduan warga Nias yang ada di Kota Medan sekitarnya.  “Sebagaimana diketahui, olahraga voli merupakan cabang olahraga yang demikian familiar dan berakar dalam kehidupan masyarakat Nias,” kata Turunan.

Ketua Panitia Duhuzanolo Zalukhu menjelaskan bahwa turnamen ini hanya berlaku buat putra-putri Nias.  ”Mungkin saja ke depan, kami akan menggelar turnamen terbuka. Namun, kali ini masih dikhususkan buat putra-putri Nias, sebagai ajang untuk menjaring pemain-pemain yang tangguh dan berbakat,” kata Zalukhu.

Oleh karena itu, kata Duhuzanolo, setiap klub yang ingin mengikuti turnamen tersebut agar segera mendaftarkan diri di Sekretariat Panitia, yang berlokasi  di Jalan Sei Mencirim No, 103 Medan.

”Silakan menghubungi panita di 081361457696 atau 085296603510.  Pendaftaran terakhir selambat-lambatnya 7 hari  sebelum acara pembukaan.  Pembukaan turnamen akan dilakukan di Gelanggang Remaja Jalan Sutomo, Medan, pada 18 Oktober 2015,” kata  Duhuzanolo yang dikenal sebagai sebagai wasit bola voli tingkat nasional.

Lebih lanjut, Turunan Gulo menjelaskan,  insentif yang akan diberikan kepada klub terbaik berupa trofi, sertifikat dan uang pembinaan.  ”Nilai hadiah tentu saja bersifat relatif, tetapi yang penting adalah kebersamaan di antara Ono Niha,”  ujarnya.

Tentang pendanaan, Turunan menjelaskan, selain bersumber dari kas organisasi serta gotong-royong para pengurus, juga dihimpun dari berbagai individu atau pihak yang tidak mengikat.  ”Kami terus menggalang partisipasi berbagai pihak yang peduli dan menghargai usaha ini.  Apabila ada yang tertarik membantu, silakan menyalurkannya ke rekening Bank Sumut No. 101.02.04.012840-7  a.n. DPD Himni Sumut,” kata Turunan. [*]