Friday, June 21, 2024
BerandaKanalAnggaranPemkab Nias Selatan Raih Predikat WTP Pertama Kalinya

Pemkab Nias Selatan Raih Predikat WTP Pertama Kalinya

Teluk Dalam, Kabar Nias – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menerima hasil laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2022 dari badan pemeriksa keuangan (BPK) RI perwakilan Sumatera Utara.

Hasil LKPD tersebut diterima langsung oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH bersama Wakil Bupati Firman Giawa, SH., MH dan Ketua DPRD Nias Selatan Elisati Halawa di kantor BPK Sumatera Utara di jalan Imam Bonjol Medan, Senin (8/5/2023).

Pada penerimaan LKPD tersebut Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menerima disklaimer opini wajar tanpa pengecualian (WTP) audited atas laporan keuangan pemrintah daerah. Peraihan WTP ini adalah kali pertamanya sejak Nias Selatan dimekarkan menjadi otonomi daerah.

Serah terima LKPD Audited Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan kepada Bupati Nias Selatan yang didampingi oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Nias Selatan.

Eydu Panjaitan menjelaskan bahwa pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan berdasarkan kesesuaian penyajian dengan standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Selain itu, berdasarkan responsifnya Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam menindaklanjuti baik permasalahan tahun 2022 maupun atas permasalahan keuangan tahun sebelumnya maka BPK mencatat sudah tidak ada lagi permasalahan signifikan yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2022.

“Untuk itu BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Pemerintah Kabupaten Nias Selatan”, sebut Eydu Panjaitan.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas peraihan predikat opini WTP ini.

Baca juga:  Nurtijah Dakhi Dilantik Jadi Anggota DPRD Nias Selatan

“Saya tadi mendengar bahwa kami mendapatkan WTP. Keberhasilan meraih opini WTP ini bukan hanya semata-mata karena kemampuan kami tetapi juga karena dukungan dari tim dan semua pegawai BPK RI Perwakilan Sumatera Utara yang senantiasa memberikan nasihat sehingga kami bisa mendapatkan hasil WTP sekarang”, ujar Hilarius Duha.

Sementara itu, Ketua DPRD Nias Selatan Elisati Halawa, menyampaikan apresiasi atas opini WTP yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tersebut.

Elisati Halawa mengatakan, hal ini merupakan buah dari kerja keras yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa.

“Saya harus mengatakan dengan jujur bahwa kalimat terakhir yang disampaikan oleh Bapak Kepala perwakilan BPK menggetarkan hati saya, akhirnya WTP. Ini mimpi yang didambakan dimana malam ini kita mendapat WTP”, kata Elisati Halawa.

Lebih lanjut, Dia mengatakan bahwa DPRD Nias Selatan sampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda serta Kepala OPD dan jajaran staf yang selama ini telah berpikir keras memperbaiki berbagai kekurangan terkait tata kelola di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Pada acara tersebut, turut hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ikhtiar Duha, Inspektur Kabupaten Nias Selatan Amsarno Sarumaha, Kepala BPKAD Kabupaten Nias Selatan Aferili Harita, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan Anarota Ndruru, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan Ermanjaya Buulolo, Kabid Aset BPKAD Agus Yursen Laia, Kabid Anggaran Serius Gulo, Kabid Akuntansi Yaatulo Warae, Kasubbid Pelaporan dan Belanja Erwin Buulolo, dan Staf BPKAD Helpin Hondro.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments