Akreditasi B STIE Pembnas Nias Menunggu Rekomendasi BAN PT

PERGURUAN TINGGI

0
2828
Ketua STIE Pembnas Nias Fatolosa Hulu, SE, MM (tengah), Puket III STIE Heseziduhu Lase dan Presiden Mahasiswa STIE Pembnas Nias Junirawati Zebua (kiri) saat dialog di ruang dosen, Rabu (19/8/2015).

GUNUNGSITOLI UTARA, KABAR NIAS — Untuk memperoleh Akreditasi B, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional Nias (STIE Pembnas Nias) masih menunggu rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Salah satu syarat, penetapan dosen dengan gelar magister (S-2) telah dipenuhi.

Ketua STIE Pembnas Nias Fatolosa Hulu mengatakan hal itu kepada Kabar Nias, Rabu (19/8/2015) saat dialog dengan organisasi internal kampus BEM dan MPM STIE di ruang dosen di kampus STIE Pembnas Nias, Afia Km 14,5, Gunungsitoli Utara.

“Awal Agustus 2015, Yayasan Perguruan Tinggi Nias (Yaperti Nias) telah menetapkan 6 dosen tetap dengan gelar magister atau strata 2 guna memenuhi syarat mendapatkan akreditasi B. Kita masih menunggu BAN PT segera memberikan rekomendasi,” ujar Fatolosa.

Menurut Fatolosa, pengusulan akreditasi dimaksud sesuai dengan peraturan baru dari pemerintah. Selama ini, STIE Pembnas Nias baru mendapat akreditasi C. Upaya yang dilakukan untuk memenuhi syarat yang diminta dengan bekerja sama dengan konsultan dari Medan serta menambah dosen tetap sebanyak 6 orang yang sudah mendapat gelar magister.

Untuk diketahui, jumlah dosen di STIE Pembnas Nias mencapai 80 orang dan di antaranya banyak yang belum menjadi dosen tetap berhubung status PNS mereka. “Berdasarkan aturan, seorang dosen hanya bisa membimbing mahasiswa sebanyak 45 orang. Sementara jumlah mahasiswa mencapai 4.000 orang. Tahun ini mahasiswa baru sebanyak 200 orang,” kata Fatolosa.

Organisasi mahasiswa meminta pihak yayasan agar memperhatikan tahapan yang berlaku dalam penetapan dosen tetap di lingkungan kampus mengingat banyaknya temuan lulusan dari perguruan tinggi ilegal akhir-akhir ini.

“Kami mahasiswa akan menelusuri kampus tempat para dosen yang baru ditetapkan itu lulus. Semoga bukan kampus ilegal,” kata Presiden Mahasiswa STIE Pembnas Nias Junirawati Zebua.

Ditambahkan Ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) STIE Pembnas Nias Yanser Wardin Harefa, dosen yang sudah ditetapkan agar benar-benar mengimplementasikan ilmunya di lingkup sivitas akademik STIE.

Adapun keenam dosen yang baru ditetapkan di STIE Pembnas Nias adalah Eduar Baene, Maria Bate’e, Desman Nazara, Yamolala Zega, Yuterlin Zalukhu, dan Sukaaro Waruwu. [knc20w]