Saturday, April 27, 2024
BerandaHeadline NewsRio Waida Juarai Kejuaraan Surfing Nias Pro QS 5000 2023

Rio Waida Juarai Kejuaraan Surfing Nias Pro QS 5000 2023

Luahagundre Maniamolo, Kabar Nias – Peselancar profesional asal Indonesia, Rio Waida, berhasil mengalahkan rivalnya Tully Wylie dari Australia pada babak final kejuaraan Surfing Nias Pro QS 5000 2023 yang berlangsung di pantai Sorake Desa Bitohili Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, minggu (17/9/2023).

Rio Waida menjadi satu-satunya peselancar Indonesia yang masuk ke babak final kejuaraan World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS 5000.

Kejuaraan Surfing Nias Pro QS 5000 2023 diikuti 198 atlet surfing dari 15 Negara dan 27 orang atlet lainnya merupakan peselancar terbaik Indonesia.

Di babak final kali ini, Rio Waida menantang dan bertransaksi di atas papan selancar dengan sangat sempurna. Aksi pertamanya berhasil mencetak skor terbaik pada momen ini 8,77 dan terakhir 9,60. Dari 7 gelombang yang ditantangnya, Rio mengumpulkan skor 18,37 hampir sempurna dari target 20.

Sementara saingannya peselancar profesional Tully Wylie dari Australia dari 7 kali gelombang yang diambil, dia hanya mampu menghasilkan nilai terbaik 6,73 dan 7,50. Setelah melalui waktu 30 menit di atas air, ia berhasil mengumpulkan skor 14,23.

Rio Waida, merupakan seorang peselancar profesional berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 2019, ia pernah meraih medali perak untuk Indonesia pada Pesta Olahraga Asia Tenggara yang berlangsung di Filipina, sedangkan medali emas diraih oleh sesama peselancar Indonesia, Oney Anwar.

Rio Waida lansung diboyong ke atas pantai setelah melakukan selebrasinya dan para penonton di Pantai Sorake memperkenalkan bahagia nama Rio yang memimpin putaran pertama di babak ini sambil mengibar bendera Indonesia.

Sesampainya di pantai langsung disambut oleh Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, Forkopimda Nias Selatan, panitia WSL, dan PSOI.

Baca juga:  Inspektorat Nias Selatan Dinilai Lambat Respons Laporan Masyarakat

Rio menyampaikan bahwa dirinya sangat bahagia selain karena menang dia juga sangat bahagia bisa datang untuk pertama kali menjelajahi ombak di Nias.

Lebih lanjut Rio menyampaikan bahwa Ombak Nias sangat baik bahkan terbaik di dunia.

“Saya sangat senang karena bisa berada di sini. Ini pertama kali saya ke Nias. Ombaknya sangat bagus, terbaik di dunia”, katanya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments