Friday, March 1, 2024
BerandaKanalEkonomiPemerintah Nias Barat Laksanakan Pelatihan Bagi Pelaku UKM

Pemerintah Nias Barat Laksanakan Pelatihan Bagi Pelaku UKM

Onolimbu, Kabar Nias – Sebagai upaya dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM, melaksanakan pelatihan Handskill dan Softskill bagi pelaku UKM di Kabupaten Nias Barat.

Pelatihan Handskill dan Softskill ini dilaksanakan di Hall Tokosa – Onolimbu pada Senin (6/11/2023) dan diikuti sebanyak 25 barista yang selama ini menggeluti usaha coffee shop di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan ini merupakan salah satu program dan upaya pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para pelaku usaha mikro kecil dan pelaku usaha ekonomi kreatif.

Selain itu, melalui pelaksanaan pelatihan ini, Khenoki Waruwu berharap dapat mendorong terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi generasi muda dan masyarakat di Kabupaten Nias Barat.

“Pelatihan ini merupakan upaya strategis pemerintah daerah dalam meningkatkan ketrampilan pelaku usaha dan mendorong penyediaan lapangan kerja bagi anak muda dan masyarakat Nias Barat”, ujar Khenoki Waruwu.

Lebih lanjut Khenoki, mengharapkan agar peserta pelatihan dapat mengikuti dengan sungguh – sungguh sehingga setelah mengikuti pelatihan ini memiliki ketrampilan baru dan mampu menjadi mentor bagi yang lainnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat lahir pengusaha-pengusaha muda yang bisa menjadi panutan bagi pemuda lainnya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat”, harap Khenoki Waruwu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Nias Barat Febrieli Gulo, melaporkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari diikuti sebanyak 25 orang dengan beberapa narasumber yang berpengalaman di bidanngnya masing – masing dengan tujuan agar peserta memiliki ketrampilan dalam memilih, meracik dan menyajikan kopi, menumbuhkan jiwa wirausaha dan mendorong peningkatan penghasilan para pelaku usaha.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments