TURNAMEN SURFING INTERNASIONAL

Persiapan Hampir Final, Nias Pro 2018 Siap Digelar di Sorake

0
77
Sebuah panggung dibuat untuk tempat penjurian pada Nias Pro 2018 yang digelar pada 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sorake, Nias Selatan. Foto: Fridolin Wau

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Panitia Pelaksana Nias Pro 2018 mengaku sudah siap menggelar turnamen surfing internasional, 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sorake, Nias Selatan. Jalan akses masuk Pantai Sorake yang rusak akan segera diupayakan sebelum acara pembukaan. 

“Persiapan sudah sekitar 80 persen. Kami pastikan bahwa pada 24 Agustus semua sudah akan siap,” ujar Sekretaris Panitia Nias Pro 2018 Anggreani Dachi, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Nias Selatan.

Terkait jalan akses ke Sorake yang sedikit rusak, menurut Anggreani, pihaknya telah berkoordinasi kepada dinas terkait untuk melakukan pembenahan.

“Kami juga sudah melaporkan kondisi jalan itu kepada Bapak Bupati, beliau berjanji akan langsung meninjau jalan rusak itu. Mudah-mudahan selesai setelah acara pembukaan Nias Pro 2018,” ujarnya.

Dari laporan masyarakat, kondisi jalan menuju Pantai Sorake di beberapa titik masih terlihat tergenang air. Jalan rusak itu tepatnya berada di Desa Botohili Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamölö, Nias Selatan.

“Harapan kami agar jalan rusak itu bisa segera diperbaiki sebelum pembukaan perhelatan internasional itu sehingga tamu yang datang, terutama peserta dari sejumlah negara, merasa nyaman dan mendapat kesan baik soal Nias Selatan,” ujar seorang warga yang tidak bersedia disebutkan namanya, Minggu (19/8/2018).

Jalan di Desa Botohili Sorake ini, sebagai akses untuk masuk ke tempat surfing, akan segera diperbaiki sebelum pembukaan Nias Pro 2018 pada 24 Agustus 2018.

Sementara terkait jalan rusak di daerah Batu’atöla, di wilayah Sa’ua, Telukdalam, yang sempat putus, kini sudah diperbaiki. “Jalan rusak di Sa’ua sudah aman dilalui,” kata Bupati Nias Selatan Hilarius Duha kepada Kabarnias.com beberapa waktu lalu.

Dukungan Warga

Masyarakat Nias Selatan diimbau untuk berpatisipasi untuk menyukseskan acara bertaraf internasional ini. 

“Dukungan warga Nias Selatan utamanya di sekitar Sorake supaya menyambut tamu, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara dengan sikap ramah dan bersahabat. Ini juga penting agar warga sekitar dapat memanfaatkan kunjungan wisatawan ke Sorake dengan upaya peningkatan ekonomi, misalnya dengan berjualan produk-produk kreatif,” ujar Anggreani.

Panitia Pelaksana juga mengapresiasi tekad dan dukungan dari para Pasukan Pengibar (Replika) Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Nias Selatan 2018 yang turut membantu menyukseskan Nias Pro 2018. 

Berita Terkait

Terlibat Korupsi, 2 PNS di Nias Selatan Ditahan Polisi TELUKDALAM, KABAR NIAS — Diduga terkait kasus korupsi yang merugikan negara Rp 554,64 juta dalam pembangunan unit sekolah baru SMP Negeri 7 Lölömatua ...
Induk Laia: Setiap Pelanggaran Dana Desa Tidak Akan Ditolera... TELUKDALAM, KABAR NIAS — Setiap temuan pelanggaran terhadap penggunaan dana desa yang terbukti akan diproses secara hukum. Pemerintah Kabupaten Nias S...
Menata(p) Kepulauan Nias yang Lebih Baik Oleh Mayjen TNI (Purn) Drs Christian Zebua, MM Nilai-nilai dari tradisi leluhur kita, yakni falulu, gotong royong, hidup bersama, saling bantu, sudah...
Obyek Kebudayaan di Kabupaten Nias Didata GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Nias membentuk tim pend...
Mahasiswa Minta Penjelasan Terkait Perda Pendidikan Gratis TELUKDALAM, KABAR NIAS — Akibat ada pungutan yang diberlakukan oleh Yayasan Pendidikan STKIP dan STIE Nias Selatan, ratusan mahasiswa berunjuk rasa di...