TURNAMEN SURFING INTERNASIONAL

Persiapan Hampir Final, Nias Pro 2018 Siap Digelar di Sorake

0
52
Sebuah panggung dibuat untuk tempat penjurian pada Nias Pro 2018 yang digelar pada 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sorake, Nias Selatan. Foto: Fridolin Wau

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Panitia Pelaksana Nias Pro 2018 mengaku sudah siap menggelar turnamen surfing internasional, 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sorake, Nias Selatan. Jalan akses masuk Pantai Sorake yang rusak akan segera diupayakan sebelum acara pembukaan. 

“Persiapan sudah sekitar 80 persen. Kami pastikan bahwa pada 24 Agustus semua sudah akan siap,” ujar Sekretaris Panitia Nias Pro 2018 Anggreani Dachi, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Nias Selatan.

Terkait jalan akses ke Sorake yang sedikit rusak, menurut Anggreani, pihaknya telah berkoordinasi kepada dinas terkait untuk melakukan pembenahan.

“Kami juga sudah melaporkan kondisi jalan itu kepada Bapak Bupati, beliau berjanji akan langsung meninjau jalan rusak itu. Mudah-mudahan selesai setelah acara pembukaan Nias Pro 2018,” ujarnya.

Dari laporan masyarakat, kondisi jalan menuju Pantai Sorake di beberapa titik masih terlihat tergenang air. Jalan rusak itu tepatnya berada di Desa Botohili Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamölö, Nias Selatan.

“Harapan kami agar jalan rusak itu bisa segera diperbaiki sebelum pembukaan perhelatan internasional itu sehingga tamu yang datang, terutama peserta dari sejumlah negara, merasa nyaman dan mendapat kesan baik soal Nias Selatan,” ujar seorang warga yang tidak bersedia disebutkan namanya, Minggu (19/8/2018).

Jalan di Desa Botohili Sorake ini, sebagai akses untuk masuk ke tempat surfing, akan segera diperbaiki sebelum pembukaan Nias Pro 2018 pada 24 Agustus 2018.

Sementara terkait jalan rusak di daerah Batu’atöla, di wilayah Sa’ua, Telukdalam, yang sempat putus, kini sudah diperbaiki. “Jalan rusak di Sa’ua sudah aman dilalui,” kata Bupati Nias Selatan Hilarius Duha kepada Kabarnias.com beberapa waktu lalu.

Dukungan Warga

Masyarakat Nias Selatan diimbau untuk berpatisipasi untuk menyukseskan acara bertaraf internasional ini. 

“Dukungan warga Nias Selatan utamanya di sekitar Sorake supaya menyambut tamu, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara dengan sikap ramah dan bersahabat. Ini juga penting agar warga sekitar dapat memanfaatkan kunjungan wisatawan ke Sorake dengan upaya peningkatan ekonomi, misalnya dengan berjualan produk-produk kreatif,” ujar Anggreani.

Panitia Pelaksana juga mengapresiasi tekad dan dukungan dari para Pasukan Pengibar (Replika) Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Nias Selatan 2018 yang turut membantu menyukseskan Nias Pro 2018. 

Berita Terkait

Bonne Gea: Saya Dapat “Surprise Party”, Terima K... GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Sebuah pesta kejutan dibuat oleh duta pariwisata Gunungsitoli, Forum Anak Nias (Forani), yang difasilitasi oleh Agus Hardiy...
Wanita Peselancar Terbaik Salini Rengganis Siap Ramaikan Nia... Kesukaan dara manis ini pada olahraga air surfing berawal ketika baru pindah ke Pacitan, Jawa Timur, pada 2005. Kala itu usianya masih 5 tahun. Rumahn...
Nurtijah Dakhi Dilantik Jadi Anggota DPRD Nias Selatan TELUKDALAM, KABAR NIAS — Setelah mendapatkan surat penetapan dari Gubernur Sumatera Utara, Nurtijah Dakhi dilantik menggantikan posisi yang ditinggalk...
Kotak Suara Tiba, Masyarakat Tumpah di Pelabuhan Lama TELUKDALAM, KABAR NIAS —Ribuan warga Telukdalam sejak Minggu (13/12/2015) siang hingga sore tumpah-ruah di Pelabuhan Lama, Telukdalam, menunggu kedata...
Garuda Persiapkan Penerbangan Langsung Jakarta-Nias JAKARTA, KABAR NIAS — Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) saat ini sedang mempersiapkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Nias denga...