Persiapan Hampir Final, Nias Pro 2018 Siap Digelar di Sorake

TURNAMEN SURFING INTERNASIONAL

0
120
Sebuah panggung dibuat untuk tempat penjurian pada Nias Pro 2018 yang digelar pada 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sorake, Nias Selatan. Foto: Fridolin Wau

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Panitia Pelaksana Nias Pro 2018 mengaku sudah siap menggelar turnamen surfing internasional, 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sorake, Nias Selatan. Jalan akses masuk Pantai Sorake yang rusak akan segera diupayakan sebelum acara pembukaan. 

“Persiapan sudah sekitar 80 persen. Kami pastikan bahwa pada 24 Agustus semua sudah akan siap,” ujar Sekretaris Panitia Nias Pro 2018 Anggreani Dachi, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Nias Selatan.

Terkait jalan akses ke Sorake yang sedikit rusak, menurut Anggreani, pihaknya telah berkoordinasi kepada dinas terkait untuk melakukan pembenahan.

“Kami juga sudah melaporkan kondisi jalan itu kepada Bapak Bupati, beliau berjanji akan langsung meninjau jalan rusak itu. Mudah-mudahan selesai setelah acara pembukaan Nias Pro 2018,” ujarnya.

Dari laporan masyarakat, kondisi jalan menuju Pantai Sorake di beberapa titik masih terlihat tergenang air. Jalan rusak itu tepatnya berada di Desa Botohili Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamölö, Nias Selatan.

“Harapan kami agar jalan rusak itu bisa segera diperbaiki sebelum pembukaan perhelatan internasional itu sehingga tamu yang datang, terutama peserta dari sejumlah negara, merasa nyaman dan mendapat kesan baik soal Nias Selatan,” ujar seorang warga yang tidak bersedia disebutkan namanya, Minggu (19/8/2018).

Jalan di Desa Botohili Sorake ini, sebagai akses untuk masuk ke tempat surfing, akan segera diperbaiki sebelum pembukaan Nias Pro 2018 pada 24 Agustus 2018.

Sementara terkait jalan rusak di daerah Batu’atöla, di wilayah Sa’ua, Telukdalam, yang sempat putus, kini sudah diperbaiki. “Jalan rusak di Sa’ua sudah aman dilalui,” kata Bupati Nias Selatan Hilarius Duha kepada Kabarnias.com beberapa waktu lalu.

Dukungan Warga

Masyarakat Nias Selatan diimbau untuk berpatisipasi untuk menyukseskan acara bertaraf internasional ini. 

“Dukungan warga Nias Selatan utamanya di sekitar Sorake supaya menyambut tamu, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara dengan sikap ramah dan bersahabat. Ini juga penting agar warga sekitar dapat memanfaatkan kunjungan wisatawan ke Sorake dengan upaya peningkatan ekonomi, misalnya dengan berjualan produk-produk kreatif,” ujar Anggreani.

Panitia Pelaksana juga mengapresiasi tekad dan dukungan dari para Pasukan Pengibar (Replika) Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Nias Selatan 2018 yang turut membantu menyukseskan Nias Pro 2018. 

Berita Terkait

Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kepulauan Nias Moderator/Penanggap Utama: Dr Fönali Lahagu Co-Moderator: Agus Peterson Sarumaha Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang unggulan untuk mend...
Masyarakat Menaruh Harapan Besar pada “Kabinet” ... Pilkada 2015 di Nias Selatan yang mengantar pasangan Hilarius Duha-Sozanolo Ndruru menjadi bupati dan wakil bupati memberi harapan baru bagi seluruh m...
Nias Barat Akan Segera Punya Perda Pariwisata LAHÖMI, KABAR NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias Barat kini sedang menunggu pihak DPRD untuk mengesahkan usulan 14 rancangan peraturan daerah (raperda) ...
Ungguli Petahana, HD-Sanolo Jadi Pemenang di Nias Selatan TELUKDALAM, KABAR NIAS — Dari hasil penghitungan suara (real count) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Nias Selatan yang dilakuk...
KPU: Petahana Tidak Boleh Melakukan Mutasi Pejabat TELUKDALAM, KABAR NIAS — Sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2015, petahana tidak bisa melakukan mutasi pejabat dan menggunakan program pemerintah daerah...