KEPENDIDIKAN

Magdalena Bago: Mutu Pendidikan di Nias Selatan Terendah

1
2573

FANAYAMA, KABAR NIAS — Hingga saat ini mutu pendidikan di Kabupaten Nias Selatan adalah terendah dari semua daerah di Sumatera Utara. Selain itu, sampai saat ini nilai ujian kompetensi guru (UKG) Nias Selatan juga menduduki peringkat paling terendah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Nias Selatan Magdalena Bago kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Jalan Arah Lagundri Km 7, Kecamatan Fanayama, Kamis (24/3/2016)

“Mutu pendidikan di Nias Selatan sampai saat ini masih sangat rendah di seluruh Provinsi Sumatera Utara dan nilai uji kompetensi guru Nias Selatan juga menduduki peringkat ke-33 dari 33 kabupaten/kota,” ujar Magdalena.

Menurut Magdalena, selama pemerintahan Idealisman Dachi-Hukuasa Ndruru bukan tidak memikirkan mutu, tetapi lebih fokus pada pembenahan sumber daya manusia, sarana, dan prasarana karena untuk peningkatan mutu pendidikan ada hubungannya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Magdalena tidak menjelaskan, mengapa mutu pendidikan masih rendah padahal pemerintahan Kabupaten Nias Selatan fokus pada pembenahan SDM.

“Selama ini pemerintahan Nias Selatan lebih pada peningkatan SDM karena untuk mingkatkan mutu pendidikan itu harus SDM tenaga pengajar harus lebih matang dulu. Adapun mutu pendidikan yang rendah selama ini karena SDM-nya kurang, misalnya masih banyak tenaga pengajar yang tamatan SMA bahkan tamatan dari Paket C,” ujarnya.

Disampaikan Magdalena, program Dinas Pendidikan selanjutnya akan fokus pada peningkatan mutu pendidikan dan untuk peningkatan mutu tidak akan gampang, seperti pembangunan sarana dan prasarana.

“Saat ini program Dinas Pendidikan lebih pada peningkatan mutu pendidikan dan kita targetkan dua tahun ke depan minimal kita bisa menduduki peringkat ke-15 se-Sumatera Utara,” ujarnya.

Memberikan Pelatihan

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, pihaknya akan melakukan pelatihan-pelatihan kepada tenaga pengajar atau guru supaya lebih profesional di dalam mengajar. “Ke depan kita akan terus membekali tenaga pengajar atau guru melalui pelatihan-pelatihan yang difasilitasi langsung oleh Dinas Pendidikan. Selain itu, untuk tenaga pengajar, ke depan kita usahakan minimal tamatan sarjana,” ujarnya.

Di dalam peningkatan mutu pendidikan di Nias Selatan, Magdalena berharap supaya semua elemen masyarakat supaya berperan aktif terutama orangtua siswa dan pemerhatin pendidikan.

“Saya berharap, sepaya ke depan semua elemen dapat berperan aktif didalam peningkatan mutu pendidikan di Nias Selatan, terutama orangtua siswa dan pemerhati pendidikan karena kami tidak hanya cukup melakukannya,” ujarnya.

Sejumlah kasus selama ini menyelimuti dunia pendidikan di Kabupaten Nias Selatan. Selain rendahnya mutu pendidikan, sejumlah kasus seperti dugaan pemotongan dana BOS menyeruak. Kasus dana teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) di Dinas Pendidikan Nias Selatan telah ditangani lembaga penegak hukum. Salah satu yang paling menghebohkan adalah kisruh USBM yang banyak menyedot perhatian masyarakat Nias Selatan.

“Pemerintah Kabupaten Nias Selatan harus mempertanggungjawabkan semua yang terjadi di dunia pendidikan di Nias Selatan ini,” ujar salah satu sumber Kabar Nias yang tidak ingin disebutkan namanya. [knc05w]

Berita Terkait

Penting Menanamkan Pendidikan Nilai di Sekolah Oleh Marinus Waruwu Beberapa bulan terakhir, berita-berita kekerasan di sekolah tak pernah habis. Kita masih ingat pada hari Minggu, 20 September 2...
Yosafati Hia Janji Akan Benahi Pendidikan di Nias Barat LAHÖMI, KABAR NIAS — Untuk memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di dunia pendidikan Kabupaten Nias Barat sebagai langkah awal per...
Sekolah Dipalang Warga, Siswa SMP Negeri 2 Ulu Idanötae Tela... GOMO, KABAR NIAS — Karena gedung sekolah mereka dipalang dan disegel oleh warga, siswa-siswi SMP Negeri 2 Ulu Idanötae, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias...
Sowa’a Laoli: Guru Harus Aplikasikan Hasil “Workshop&#... GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS – Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli mengimbau semua guru yang mengikuti workshop, yang diselenggarakan Dewan Pimpinan...
Ini Sikap Pemkab Nias Selatan Terkait Kasus Mahasiswa Unpri TELUKDALAM, KABAR NIAS — Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tidak bisa langsung membayarkan utang biaya kuliah dan biaya asrama para mahasiswa yang bel...