KEPEGAWAIAN

Dinas Pendidikan Nias Barat Rekrut 400 GKD

1
1844
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat Faigizatulö Halawa. —Foto: Kabarnias.com/Aminudin Hia

LAHÖMI, KABAR NIAS — Untuk meningkatkan mutu dan mencukupkan tenaga SMD di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pendidikan membuka formasi penerimaan guru kontrak daerah (GKD) pada tahun anggaran 2016 sebanyak 400 orang. GKD ini akan ditugaskan di jenjang pendidikan TK Negeri, SD/Mi, SMP/MTs, SMA/MA, dan Jurusan Tertentu atau Tenaga Teknis (TIK).

Masa pendaftaran berlangsung pada 4-11 Maret 2016 dan pelaksanaan seleksi pada 18 Maret 2016 bertempat di gedung SMPN 1 Mandrehe, SDN 071079 Mandrehe, SDN 071096 Mandrehe, dan SMAN 1 Mandrehe.

Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat Faigizatulö Halawa, kepada Kabar Nias, Kamis (3/3/2016), di ruang kerjanya di Onolimbu, Lahömi.

“Perekrutan guru kontrak daerah (GKD) pada tahun anggaran 2016 ini dilakukan oleh pemerintah daerah guna mengurangi kekurangan tenaga pendidik dan tenaga teknis tertentu yang selama ini dialami oleh dunia pendidikan Kabupaten Nias Barat. Selain itu, juga sedikit terjawab keluhan-keluhan para tenaga pendidik dan tenaga teknis di sekolah-sekolah yang harapannya agar mendapatkan perhatian bantuan dari pemerintah serta sekaligus membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat yang sedang menganggur,” ujarnya.

Tertunda karena Pilkada

Faigizatulö mengatakan, perekrutan GKD ini sebenarnya terencana pada tahun anggaran 2015, tetapi mengingat tahun itu tepatnya pelaksanaan pilkada kepala daerah Nias Barat, terpaksa tertunda. “Oleh sebab itu, karena sudah terprogram, tahun 2016 ini kami laksanakan,” ujar Faigizatulö.

Dari surat pengumuman yang diperoleh Kabar Nias, beberapa persyaratan perekrutan GKD di wilayah pemerintah Kabupaten Nias Barat TA 2016 adalah Persyarat Umum:

  1. Penduduk daerah Kabupaten Nias Barat;
  2. Memiliki KK dan KTP;
  3. Usia maksimum 40 tahun pada tanggal 1 Maret 2016, kecuali calon pelamar yang telah mengabdi tanpa putus sebagai GTT di sekolah yang dibuktikan dengan SK pengangkatan dan surat keterangan aktif dari kepala sekolah;
  4. Sehat jasmani dan rohani dan atau tidak cacat fisik, penglihatan, serta pendengaran;
  5. Memiliki izajah dari perguruan tinggi terakreditasi;
  6. Memiliki akta mengajar kecuali tenaga kejuruan dan teknis;
  7. Memiliki integritas yang tinggi terhadap NKRI;
  8. Bersedia ditempatkan di sekolah diwilayah Kabupaten Nias barat.

Selanjutnya, persyaratan pelamaran:

  1. Mengajukan surat permohonan/lamaran dengan ketikan komputer atau ketikan biasa kepada Bupati Nias Barat Cq. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat sebanyak 1 lembar bermeterai Rp 6.000 (format tersedia);
  2. Lampitan surat lamaran:
    1. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi perguruan tinggi asal sebanyak 1 lembar;
    2. Fotokopi KTP dan KK yang telah dilegalisasi 1 lembar;
    3. Pasfoto terbaru ukuran 3 cm x 4 cm warna 2 lembar;
    4. Berkas lamaran disatukan dalam satu buah map transparan dan diserahkan kepada panitia.

Adapun jurusan yang dibutuhkan:

  1. Jurusan PGPAUD/PGSD;
  2. Jurusan pendidikan: PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA-Terpadu, IPS-Terpadu, PJOK, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, Antropologi, Ekonomi/akutansi, BP/BK;
  3. Jurusan Tertentu: Pendidikan agama (Protestan dan Katolik), Teknis Otomotif/Mesin, Teknik Bangunan, TIK, Teknik Pertanian, Penyuluhan Pertanian, Pertanian.

Rincian GKD yang diterima diperuntukan di TK sebanyak 12 orang; SD/MI sebanyak 100 orang; SMP/MTs sebanyak 140 orang; SMA/MA dan SMK sebanyak 48 orang; dan Kejuruan TIK, dan Tenaga Teknis sebanyak 100.

Faigizatulö  mengatakan, pendaftaran peserta GKD ini dilakukan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat melalui panitia setiap hari kerja mulai pukul 08.00-16.00. [knc07w]

  • Semoga pelaksanaannya sesuai ketentuan dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.