Beranda Featured Pencitraan Jarak Jauh Wilayah Perairan Nias Utara untuk Datangkan Investor

Pencitraan Jarak Jauh Wilayah Perairan Nias Utara untuk Datangkan Investor

0
Pencitraan Jarak Jauh Wilayah Perairan Nias Utara untuk Datangkan Investor
Salah satu hasil pencitraan jarak jauh menggunakan drone tentang potensi kelautan di Nias Utara hasil kerja sama dengan LAPAN.

JAKARTA, KABAR NIAS — Pihak Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan pengambilan gambar lewat pemotretan jarak jauh menggunakan drone di perairan Nias Utara. Ini sebagai wujud kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Lapan yang penandatanganan perjanjian MOU telah berlangsung pada 4 Juli 2018. Lewat hasil pemotretan itu, Lapan akan segera menyampaikan rekomendasinya dari hasil kajian yang dimanfaatkan dalam pengembangan di Kabupaten Nias Utara, terutama dalam mendatangkan investor di bidang perikanan.

Seperti diketahui, saat penandatanganan MOU itu, Bupati Nias Utara Marselius Ingati Nazara menjelaskan tentang komitmen pemerintahannya untuk memajukan perikanan (kelautan) sesuai dengan dorongan dari pemerintah pusat.

“Sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo saat kunjungannya di Kepulauan Nias pada 19 Agustus 2016, yang menyatakan bahwa potensi terbesar di Pulau Nias ada 2 sektor, yaitu pariwisata dan perikanan (kelautan). Karena itu, Pemerintah Kabupaten Nias Utara berusaha menggali potensi tersebut untuk dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Nias Utara,” ujar Ingati saat itu.

Bupati Nias Utara M Ingati Nazara didampingi Kepala Dinas Perikanan Sabar Jaya Telaumbanua berfoto dengan Orbita Roswintiati, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, bersama sesaat setelah penandatanganan MOU antara Kabupaten Nias Utara dan Lapan.

Ditambahkan Ingati, sebagai upaya dan antusiasme dalam menggali dan meningkatkan sektor ini, Pemerintah Kabupaten Nias Utara menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional. “Kami berharap, kerja sama ini mampu membawa dampak besar terhadap Kabupaten Nias Utara secara khusus pada sektor kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Mengutip siaran pers yang diterima Kabar Nias dari Dinas Perikanan, setelah penandatanganan kerja sama ini, Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengharapkan adanya ketersediaan data penginderaan jauh, pemanfaatan data dan teknologi penginderaan jauh serta sistem informasi geografis, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Menurut Ingati Nazara, melalui kerja sama ini akan dilakukan pengolahan dan analisis data penginderaan jauh, penelitian dan pengembangan bidang penginderaan jauh,  diseminasi dan publikasi serta kegiatan lainnya yang disepakati khususnya di bidang Kelautan dan Perikanan dapat terwujud dan terlaksana dengan baik.

Menarik Investor

Ditambahkan Sabar Jaya Telaumbanua, Kepala Dinas Perikanan Nias Utara, hasil kajian dari kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi pengembangan sektor perikanan di Nias Utara. “Lewat hasil kajian itu, setiap investor yang berinvestasi di sektor perikanan bisa memiliki data yang akurat dan tertarik datang ke Nias. Kami akan berharap, data kelautan ini menjadi basis data pelaksanaan program-program yang serius dan berkelanjutan yang dampaknya bisa menciptakan lapangan pekerjaan serta wujudnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat nelayan,” ujarnya.