Sukses Pilkada Nias Selatan Diapresiasi KPU Pusat

PILKADA 2015

0
1808
Komisioner KPU Pusat, Hadar N Gumay (kelima dari kiri) , berfoto bersama komisioner KPU Nias Selatan, Sumangeli Mendröfa, Alfian Zenius Dachi, Edward Duha,, Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa, komisioner KPU Sumatera Utara, Yulhasni,—Foto: Sumangeli Mendröfa

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Nias Selatan diapresiasi oleh Komisi Pemilihan Umum Pusat. Hasil pilkada diharapkan bisa diterima publik. Keberhasilan ini harus terus dijaga sampai proses Pilkada tuntas. Adapun jika ada kekurangan kecil di tingkat bawah bisa dikoreksi di tingkat pleno kabupaten nantinya.

Demikian disampaikan Hadar Nafis Gumay, komisioner KPU, saat berkunjung dan meninjau secara langsung pelaksanaan pilkada serentak di Nias Selatan, Minggu (13/12/2015).

“Saya sangat terkesan dengan progres pilkada di Nias Selatan yang berlangsung secara baik dan kondusif. Termasuk dalam penginputan data yang akan selesai hari ini,” ujarnya kepada para wartawan.

Ia berharap, hasil pilkada ini bisa diterima oleh publik. “Jika ada yang perlu dikoreksi, akan dilakukan koreksi di tingkat yang lebih tinggi, yakni di pleno kabupaten,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat Hadar memberikan keterangan ini, kotak suara dari tujuh kecamatan di Kepulauan Batu baru tiba Minggu sore.

Saat ditanya oleh wartawan apakah hasil yang akan ditetapkan oleh KPU nanti bisa digugat? Hadar menjawab, hal itu diberi ruang. “Jika ada pihak yang menggugat silakan saja itu dibenarkan oleh undang-undang”.

Menurut Hadar, keberhasilan pelaksanaan Pilkada Nias Selatan ini menjadi keberhasilan KPU pusat. Hal itu karena KPU beserta pemerintah pusat memberikan perhatian khusus pada Pilkada Nias Selatan, salah satunya dengan memperketat pengamanan. Polri mengirimkan bantuan personel sebanyak 850 orang ditambah lagi pengamanan dari Tentara Nasional Indonesia.

“Saya sangat gembira dengan kondisi di Nias Selatan. Ini semua karena berkat bantuan pihak polisi, TNI, Panwaslih, dan pemerintah, serta pelaksana pilkada. Stigma negatif Nias Selatan kini sudah berubah menjadi positif. Saya sangat mengapresiasi kerja sama semua pihak termasuk warga Nias Selatan,” kata Hadar.

Kedatangan Hadar ke Nias Selatan didampingi oleh Ketua KPU Nias Abineri Gulö, Ketua KPU Nias Utara Ottorius Harefa, Ketua KPU Nias Barat Cakra Eli Gulö, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sökhi’atulö Harefa, dan komisioner KPU Sumatera Utara Yulhasni. Menurut Abineri, Hadar dibawa berwisata ke desa adat Desa Bawömataluo. Hadar disambut dengan atraksi lompat batu oleh pemuda setempat. Saat tiba di Kantor KPU Nias Selatan, Hadar disematkan topi kebesaran Nias Selatan serta dipakaikan baju khas Nias Selatan. [knc06w]