Pemilihan Ketua DPD Golkar Se-Pulau Nias secara Aklamasi

0
2178
Pelantikan pengurus DPD II Golkar se-Pulau Nias di aula Restoran Pantai Kaliki, Kota Gunungsitoli, Senin (13/7/2015). — Foto dari Pustaka Digital Kabar Nias

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS – Pemilihan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Tingkat II Partai Golongan Karya (Golkar) di Pulau Nias dilakukan secara aklamasi. Berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda), Senin (13/7/2015), di aula Pantai Kaliki, Kota Gunungsitoli. DPD tingkat II Kabupaten Nias dipimpin oleh Haogönaso Lawölö, Kota Gunungsitoli Nehemia Harefa, Nias Selatan Beharniat Hondrö, Nias Utara Timelinus Nazara, dan Nias Barat Seti’eli Gulö.

Menurut Ketua DPD I Golkar Sumatera Utara Leo Nababan, kepengurusan Golkar yang sah berdasarkan hasil putusan PTTUN, yakni yang memegang SK Menteri Hukum dan HAM, 23 Maret 2015. Itulah dasar pelaksanaan musda di daerah dan selanjutnya berhak mengusung setiap bakal calon kepala daerah.

“Ini merupakan hadiah Lebaran bagi Golkar, bisa mengusung calon pimpinan daerah. SK yang dikeluarkan Menkumham Pak Yasonna Laoli tidak dapat digugat dan dinyatakan sah. SK yang sah merupakan kepemimpinan Agung Laksono,” ujar Leo Nababan saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Musda Golkar itu.

Karena itu, Leo menyarakan agar kepengurusan baru tidak menyakiti kepengurusan sebelumnya. “Ini tidak berarti teman disakiti, tetapi mereka bukan yang mengatur,” ujarnya.

Juru bicara DPP Golkar itu mengatakan, dari 33 kabupaten atau kota yang ada di Sumatera Utara, hanya pelantikan pengurus di Pulau Nias yang dia hadiri. Hal ini sebagai janji politik untuk mendukung pemekaran Provinsi Nias. Untuk itu, kader Golkar harus merebut kekuasaan dan membentuk kader yang militan dan solid hingga di tingkat RT dan RW.

Leo menyarakan, selain mempercepat pemekaran provinsi, generasi muda di Kepulauan Nias agar mengejar ilmu demi Nias cepat terangkat dari ketelisiloran. “Kejar ilmu, kejar ilmu, maka Nias bebas dari ketertinggalan”.

Pengamatan Kabar Nias, proses pemilihan ketua berlangsung sekitar 30 menit dan menghasilkan kepengurusan di DPD II Nias Utara Ketua, Timelinus Nazara, Sekretaris Rozaman Lase dan Bendahara Kasi’eli Lase. Kota Gunungsitoli, Ketua Nehemia Harefa, Sekretaris Orudugö Halawa dan Bendahara Fatizaro Gea.

Kabupaten Nias, Ketua Haogönaso Lawolo, Sekretaris Fa’ahakhödödö Hura dan Bendahara Iramawati Zebua. Kabupaten Nias Selatan, Ketua Beharnit Hondrö, Sekretaris Kadar Dakhi dan Bendahara Melnis Bali serta di Kabupaten Nias Barat Ketua Seti’eli Gulö, Sekretaris Desman Gulö dan Bendahara Julyarman Gulö.

Seusai pemilihan, kepengurusan tersebut langsung dilantik oleh Ketua Harian DPD I Golkar Sumatera Utara Rajamin Sirait. Saat memberi sambutan pelantikan, dia mengusulkan jika nantinya musyawarah nasional (munas) kiranya pelaksanaannya di Kepulauan Nias. [knc02w]