Monday, April 29, 2024
BerandaHeadline NewsMantan Pangdam I/BB Hasanudin Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Sumut

Mantan Pangdam I/BB Hasanudin Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Sumut

Jakarta, Kabar Nias – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan sudah memutuskan nama pejabat (Pj) gubernur di sejumlah daerah yang habis masa jabatannya bulan September 2023. Salah satunya adalah Pejabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubernur Sumut).

Pj Gubernur Sumut yang ditunjuk presiden adalah Hasanuddin. Dengan penunjukan Hasanuddin ini, maka 3 nama calon Pj Gubsu yang diangkat DPRD Sumut menjadi presiden melalui Mandagri tidak satu pun yang dipilih.

Sebelumnya, DPRD Sumut mengajukan 3 nama calon Pj Gubsu untuk menggantikan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah yang masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023.

Penetapan usulan tersebut dilakukan melalui pembahasan dalam rapat pimpinan DPRD Sumut yang dilakukan di gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (3/8/2023).

Nama ketiga Pj Gubsu yang diusulkan DPRD Sumut adalah Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal dan Deputi Penetapan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, Lasro Simbolon. Namun tak satu pun dari 3 nama tersebut yang dipilih Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jumat (1/9/2023), keputusan penunjukkan nama 10 Pj gubernur itu dilakukan Jokowi dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA). Ada sepuluh nama Pj Gubernur yang sudah memutuskan Jokowi.

Selain Hasanuddin, mereka yang ditunjuk sebagai pj gubernur di antaranya Bey Machmudin yang saat ini diketahui menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden menjadi Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil, serta Nana Sudjana sebelumnya pernah menjabat sebagai Inspektur Utama Setjen DPR RI sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah menggantikan Ganjar Pranowo.

Rencananya, ke-10 Pj gubernur ini akan dilanrik pada Selasa (5/9/2023) di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin juga mengkonfirmasi nama-nama tersebut. Ngabalin mengatakan rapat diadakan pada Kamis kemarin.

Baca juga:  Kemenkes Buka Kesempatan Dokter dan Dokter Gigi Ajukan Akreditasi Mandiri, Begini Caranya

“Ya jam 15.00 WIB,” kata Ngabalin saat dihubungi secara terpisah. (dtn) seperti yang di kutip pada medanbisnisdaily.com, Jumat (1/9/2023)

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments