PENATAAN WILAYAH

Pemkab Nias Akan Bangun Tempat Parkir di Setiap “Harimbale”

0
909
Inilah salah satu lokasi harimbale di Sogae'adu. Sejumlah kendaraan diparkir sembarangan di kanan kiri jalan. —Foto: Nitema Mendröfa

ONONAMÖLÖ, KABAR NIAS — Untuk mengatasi kemacetan di lokasi pasar desa atau dalam bahasa Nias disebut harimbale, Pemerintah Kabupaten Nias berjanji akan merencanakan pembangunan lahan parkir kendaraan. Pemkab juga menempatkan petugas dari Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Hal itu disampaikan Bupati Nias Sökhi’atulő Laoli kepada Kabar Nias, Selasa (22/9/2015), saat temu Pers di kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamölö, Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

“Ada beberapa pasar desa yang ramai dikunjungi masyarakat, seperti di Harimbale Lölözasai, Gidö; Harimbale Sogae’adu, Harimbale Idanögawo, dan Bawölato. Selain para pembeli ramai juga parkir kendaraan tidak beraturan. Maka, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Nias merencanakan pembangunan tempat parkir kendaraan,” ujarnya.

Hanya, kata Sökhi’atulö, harus ada lokasi yang dekat pasar tersebut yang bisa dihibahkan atau diserahkan oleh masyarakat pemilik tanah sehingga ketika ada program Pemerintah untuk membangun, tidak ada halangan atau kendala di lapangan.

“Selama ini sudah ditempatkan petugas dari Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas di seputar harimbale. Diharapkan kepada dinas perhubungan juga satuan polisi pamong praja (Satpol PP) supaya turun di lokasi setiap ada harimbale,” ujarnya. [knc01w]