Pelayanan Kesehatan di Pustu Desa Humene Sihene’asi Sangat Memprihatinkan

1
1226

JW-iconOleh Sökhi’ato Agustinus Hia
Lokasi: Desa Humene Sihene’asi, Kecamatan Tugala Oyo


Memprihatinkan! Itulah ungkapan yang bisa kita sampaikan ketika melihat kondisi bangunan Puskesmas Pembantu di Desa Humene Sihene’asi, Kecamatan Tugala Oyo, Nias Utara. Foto ini penulis ambil pada hari Senin, 13 Juli 2015.

Hingga sekarang, sudah lebih dari satu tahun, puskesmas pembantu di Desa Humene Sihene’asi ini tidak menjalankan fungsi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Akibatnya, di kawasan ini beberapa ibu hamil meninggal saat melahirkan karena tidak ada bantuan atau pertolongan medis dari petugas kesehatan, banyak anak-anak kurang gizi (gizi buruk). Selain itu, juga banyak gangguan kesehatan masyarakat karena lingkungan tidak higienis dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan sangat minim.

Lalu, tak salah jika kita bertanya, mana Dinas Kesehatan Nias Utara? Mengapa sarana kesehatan ini dibuat terbengkalai? Mana komitmen dan kinerja pelayanan kesehatan terhadap masyarakat seperti yang dijanjikan selama ini.

Kita menunggu repons dari Bapak Bupati Nias Utara dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara untuk segera menyelamatkan gedung puskesmas dan menghadirkan pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Adalah hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari pemerintah.


Anda ingin menulis Jurnalisme Warga? Klik disini